Besok, Ada Webinar Bisnis Digital dari Kemenkominfo di Sumbar

Besok, Ada Webinar Bisnis Digital dari Kemenkominfo di Sumbar

Dirjen Aptika Kominfo Samuel Abrijani Pangerapan.

Langgam.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menggelar seminar serta diskusi secara online (webinar), Jum'at (21/10/2022). Webinar besok mengusung tema Konsep Bisnis Digital: Pemasaran Melalui Facebook.

Dirjen Aptika Kominfo Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pesatnya perkembangan teknologi mendorong masyarakat untuk berinteraksi dan beraktivitas di ruang digital. Kondisi itu semakin dipacu oleh batasan selama pandemi Covid-19.

"Teknologi digital menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat. Untuk itu, penggunaan teknologi perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas literasi agar dapat memanfaatkan teknologi digital dengan tepat guna," katanya saat membuka acara webinar literasi digital.

Survey nasional oleh Kemenkominfo bersama Kata Data pada tahun 2021 menunjukkan indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada level sedang dengan skor 3.49. Indeks tersebut dihitung berdasarkan skor indeks 4 (empat) pilar literasi digital seperti kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Skor indeks 2021 meningkat dibandingkan dengan kondisi serupa di tahun 2020. Skor di 2022 hanya 3,46.

"Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut. Salah satu caranya dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat," katanya.

Berangkat dari visi tersebut, Kemenkominfo berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi hadir di wilayah Sumatra dan sekitarnya. Kemenkominfo bertekad meningkatkan literasi digital bagi masyarakat melalui program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022”.

Program ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar, talkshow dalam format hybrid (offline dan online). Serta, lanjutnya, special event penunjang kegiatan literasi digital dengan target penduduk di wilayah Sumatra dan sekitarnya, khususnya di segmen kelompok masyarakat atau komunitas.

Lanjutan kegiatan webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk Komunitas/Masyarakat Sumatra dan sekitarnya di bulan Oktober ini akan dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Oktober 2022 pukul 08.00 - 10.00 WIB.

Webinar ini menghadirkan Kepala Inkubator Bisnis Politeknik APP Jakarta dan Praktisi Literasi Digital Fajria Fatmasari, Kemudian CEO & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat Pradipta Nugrahanto, serta Tio Prasetyo, Indonesia Market Editor for FIFA dan Praktisi Literasi Digital sebagai narasumber.

"Webinar akan dilakukan dan disiarkan menggunakan platform zoom meeting. Anggota kelompok masyarakat atau komunitas yang ingin mengikuti webinar tersebut dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir elektronik melalui link: https://bit.ly/PendaftaranSumatra25189," katanya.

E-sertifikat dan beragam hadiah menarik sudah disiapkan untuk para peserta webinar. Informasi lebih lanjut mengenai program #MakinCakapDigital dapat diakses melalui Media Literasi Digital Kominfo di website: info.literasidigital.id atau event.literasidigital.id. Dapat juga diakses melalui Instagram: @literasidigitalkominfo dan Facebook Page Literasi Digital Kominfo.

Baca Juga: Webinar Penyimpangan Seksual, Wako Padang: Pantau Gerak Gerik Generasi Muda

"Informasi program juga dapat diakses melalui media sosial Siberkreasi di Instagram: @siberkreasi, Facebook Page: Siberkreasi, Twitter: @SiBerkreasi, TikTok: @siberkreasi.id, dan Youtube: Siberkreasi," tuturnya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Prof Amir Syarifuddin
Mengenang Prof Amir Syarifuddin: Berawal dari Guru Agama dan Berakhir Juga sebagai Guru Agama
Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Pemerintah Buka 2,3 Juta Lowongan CPNS 2024, Guspardi Gaus: Kesempatan Besar Bagi Fresh Graduate dan Honorer
Kunjungan wisman ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui Bandara Internasional Minangkabau pada April 2023 mencapai 4.100 kunjungan.
Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Setelah Sempat Ditutup Akibat Erupsi Gunung Marapi
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Penutupan Bandara Minangkabau Diperpanjang Akibat Erupsi Gunung Marapi