Bertemu Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan MUI, Ini Persoalan yang Diadukan Jasman

Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman mengajak niniak mamak, bundo kanduang, MUI untuk bersama-sama mengatasi permasalahan sampah yang ada di daerah

Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman memberikan kata sambutan saat melakukan pertemuan dengan niniak mamak, bundo kanduang, MUI se-Kota Payakumbuh. [foto: Pemko Payakumbuh]

InfoLanggam - Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman Dt. Bandaro Bendang mengajak niniak mamak, bundo kanduang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk bersama-sama mengatasi permasalahan sampah yang ada di daerah tersebut.

Hal tersebut disampaikannya saat berdiskusi dan buka bersama dengan niniak mamak, bundo kanduang, MUI se-Kota Payakumbuh di rumah jabatan Wali Kota Payakumbuh, Senin (18/3/2024).

"Niniak mamak, bundo kanduang, dan MUI yang pertama sengaja kami undang. Karena kami sadar bahwa nagari kita ini milik niniak mamak, bundo kanduang dan para ulama kita," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa peran niniak mamak, bundo kanduang, dan MUI ini memang sangat besar dalam memajukan dan menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah tersebut.

"Jujur, banyak yang akan saya adukan, pertama terkait permasalahan sampah karena saat ini pagi, siang, dan malam permasalahan sampah yang selalu menjadi perhatian kami," bebernya.

Menurut Jasman, bahwa saat ini sebenarnya tren dari pembuangan sampah dari masyarakat Kota Payakumbuh sudah bagus dan menurun dari biasanya.

"Tapi terdapat impor sampah dari wilayah tetangga ketika lewat dari jam 12 malam dan jumlahnya itu sangat banyak," tuturnya.

Jasman berharap agar nantinya di setiap nagari dapat dilaksanakan piket atau ronda memastikan di nagari masing-masing tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan.

"Tentu hal ini membutuhkan dukungan yang penuh dari semua pihak termasuk niniak mamak, bundo kanduang, dan alim ulama. Semoga permasalahan kita ini dapat diselesaikan," harapnya.

Selanjutnya Jasman juga mengharapkan peran dari niniak mamak, bundo kanduang dan alim ulama dalam menjaga kondusivitas pada pelaksanaan Pilkada nantinya.

"Alhamdulillah selama Pemilu yang telah kita lewati semua berjalan dengan lancar tentu ini berkat dukungan semua pihak. Saya berharap hal ini juga terjadi di Pilkada nantinya," ujar Jasman. (*)

Baca Juga

Pemko Payakumbuh kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan atas hasil pemeriksaan Laporan Keuangan
Pemko Payakumbuh Raih Opini WTP ke-10 Berturut-turut
Dinas Koperasi dan UKM Payakumbuh menggelar pasar murah, Kamis (14/4/2024). Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh.
Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Kembali Gelar Pasar Murah
Pemko Payakumbuh kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Pelataran Parkir Kantor Balai Kota Payakumbuh, Senin (1/4/2024).
Jaga Stabilitas Harga Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Gelar Gerakan Pangan Murah
Baznas Payakumbuh menyerahkan bantuan kepada 62 orang dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan non-ASN di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.
62 Tenaga Pendidik dan Kependidikan Non-ASN Payakumbuh Terima Bantuan dari Baznas
Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman melakukan monitoring pengawasan obat dan makanan ke Pasar Pabukoan Jalan Soetan Usman Payakumbuh
Monitoring Pasa Pabukoan Bersama BPOM, Jasman: Makanan yang Dijual Aman Dikonsumsi
Tim Safari Ramadan (TSR) Kota Payakumbuh menyerahkan total bantuan sebesar Rp325 juta pada bulan Ramadan 1445 H yang terbagi ke dalam 7
Tim Safari Ramadan Kota Payakumbuh Serahkan Total Bantuan Rp325 Juta