Berstatus PDP Corona, Direktur RSUD Achmad Darwis Diisolasi di Ruangan Khusus RSAM

Pasien Covid-19 di Bukittinggi Mulai Membaik

RSAM Bukittinggi. (Foto: Istimewa)

Langgam.id - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Achmad Darwis Kabupaten Limapuluh Kota Muryati Dhatri, masih mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi, setelah mengalami demam tinggi, yang merupakan gejala awal virus Corona atau Covid-19.

Hal ini dibenarkan Wakil Ketua Penangan Covid-19 RSAM Bukittinggi dr Dedi Herman, saat konferensi pers online bersama IJTI Sumbar, Senin (30/3/2020).

"Kondisinya RSAM masih merawat 12 pasien, tiga di antaranya di ruang isolasi khusus. Salah satunya Direktur RSUD Achmad Darwis," kata Dedi.

Ia mengatakan, Direktur RSUD tersebut sempat mengalami sesak nafas dan nafsu makannya berkurang. Pihak dokter juga melihat ada gangguan di fungsi livernya.

"Sehingga kita mencarikan untuk melindungi fungsi livernya, dan juga memberikan makanan melalui infus. Sehingga kondisinya mulai membaik. Tapi obat-obatan beliau bisa minum seluruhnya," ujarnya.

Ia mengatakan ketiga pasien dalam pengawasan (PDP) itu telah dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan. Kemudian, rencana akan dikirim ke laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) di Padang.

Sebelumnya, Direktur RSUD Achmad Darwis itu mengalami demam tinggi usai hadir menggelar rapat yang dipimpin langsung Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi beserta jajarannya. Hal ini dibenarkan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan.

Sebelum dibawa ke RSAM Bukittinggi, kata Ferizal, yang bersangkutan sempat melakukan pemeriksaan rontgen dan darah. Selanjutnya, baru dilakukan rujukan ke rumah sakit penanganan corona.

"Karena ruang isolasi tidak ada di Achmad Darwis, maka dirujuk ke RSAM Bukittinggi. Agenda yang bersangkutan sebelumnya sempat mengikuti rapat-rapat dengan Pak Bupati, setelah pulang baru merasa suhu badan panas," ujarnya. (Irwanda)

Baca Juga

M. FAJAR RILLAH VESKY
"Kerbau Punya Susu, Sapi Punya Nama"(Jawaban Mengapa Kabupaten Limapuluh Kota Tidak Memiliki Perguruan Tinggi?)
Mencermati analisis Statistik Pendidikan Indonesia yang diluncurkan Badan Pusat Statistik pada 2023 lalu, terutama jenjang perguruan tinggi.
Mengapa Kabupaten Limapuluh Kota Tidak Memiliki Perguruan Tinggi?
Polisi Masih Buru Pelaku Curas di Padang Panjang yang Sebabkan Seorang Nenek Meninggal
Pedagang Emas di Limapuluh Kota Dirampok, Suami Tewas dan Istri Luka-luka
Meriahnya Tradisi Alek Bakajang di Pangkalan Limapuluh Kota
Meriahnya Tradisi Alek Bakajang di Pangkalan Limapuluh Kota
Pakar ilmu pengelolaan sumberdaya pesisir dan lautan Yonvitner dikukuhkan menjadi Guru Besar Tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB
Yonvitner, Putra Asal Limapuluh Kota Dikukuhkan Jadi Guru Besar IPB
Wali Nagari Guguak VIII Koto, Kabupaten Limapuluh Kota, YR resmi mengundurkan diri dari jabatannya usai beredar foto tidak senonohnya dengan
Wali Nagari Guguak VIII Koto Mundur Usai Foto Tak Senonohnya Beredar, Bupati Tunjuk Plt