Berkeliaran di Solok, Harimau Sumatra Akhirnya Masuk Perangkap BKSDA

harimau sumatra Solok

Seekor Harimau Sumatra yang masuk perangkap di Solok. (Foto: dok BKSDA Sumbar)

Langgam.id - Seekor Harimau Sumatra  berhasil masuk perangkap yang dipasang oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatra Barat.

Plh Kepala Seksi Wilayah III BKSDA Sumbar Novtiwarman mengatakan pihaknya mulai memasang perangkap pada tanggal 9 Juni 2020. Harimau Sumatera tersebut diperkirakan masuk perangkap pada pagi hari antara pukul 08:00 WIB hingga pukul 13:00 WIB.

"Masuknya diperkirakan pagi hari ini, pas jam 08:00 WIB, belum masuk, siangnya mau geser perangkap, tapi ternyata sudah masuk, diperkirakan masuk antara pagi hingga siang ini," katanya saat dihubungi, Sabtu (13/6/2020).

Saat ini harimau dengan jenis kelamin betina itu sudah selesai dievakuasi. Harimau tersebut selanjutnya akan dilakukan rehabilitasi dan dibawa ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatra (PRHS) di Dharmasraya.

Saat ini harimau tersebut dalam keadaan dibius sehingga belum bisa dibawa. Ia harus ditunggu sadar terlebih dahulu. Harimau tersebut juga dalam keadaan sehat.

"Kita masih menunggu dokter hewannya, sambil menunggu harimau itu sadar, kalau lagi dibius kan tidak boleh dibawa," katanya.

Harimau yang masuk perangkap tersebut diperkirakan bukan lah induknya, melainkan anaknya atau harimau betina gadis. Sebelumnya, diberitakan ada tiga ekor harimau yang berkeliaran di Nagari Gantung Ciri, dan meresahkan masyarakat.

"Harimau tersebut akan diberikan perawatan nantinya di Dharmasraya. Jika memang dinilai sudah layak lepas seperti sehat dan mampu mencari makan sendiri, maka dia akan kembali dilepaskan ke alam liar," kata Novtiwarman. (HF)

Baca Juga

Harimau Sumatra Sambangi Halaman Masjid Alisma Alius Lubuk Selasih Solok
Harimau Sumatra Sambangi Halaman Masjid Alisma Alius Lubuk Selasih Solok
Harimau sumatra yang masuk kandang jebak di Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, diberi nama Puti Malabin. Dikutip dari akun Instagram,
Harimau Sumatra yang Masuk Kandang Jebak di Pasaman Diberi Nama Puti Malabin
BKSDA Sumbar memerintah tim WRU melakukan verifikasi dan penanganan di Kecamatan Tigo Nagari, Kabupatan Pasaman usai instansi tersebut
Harimau Sumatra Masuk Kandang Jebak di Tigo Nagari Pasaman, Begini Kronologinya
Evelinda Golkar
Harga Bawang Merah Anjlok Bikin Petani di Solok Menjerit, Evelinda Desak Pemerintah Bergerak
Politisi Partai Golkar Evelinda
Keliling Solok Jemput Aspirasi, Evelinda Didoakan Jadi Anggota DPR RI
Tim WRU SKW I BKSDA Sumbar melakukan kegiatan penanganan konflik harimau sumatra di Jorong Terantang Tunggang, Nagari Binjai, Kecamatan Tigo
Harimau Sumatra Muncul di Ladang Sawit Warga Tigo Nagari Pasaman