InfoLanggam – Pendaftaran seleksi Student of Imam Bonjol Academic Community-Smart Internship Program (SIBac-sip) UIN Imam Bonjol Tahun 2025 mulai dibuka tanggal 16 Januari – 16 Februari.
Hal ini berdasarkan pengumuman Nomor : B.91/Un.13/R/B.IV/PP.00.9/1/2025 terkait seleksi Student of Imam Bonjol Academic Community-Smart Internship Program (SIBac-sip) UIN Imam Bonjol Tahun 2025.
Dalam pengumuman tersebut juga dijelaskan, calon peserta SIBac-sip 2025 akan melewati beberapa tahapan seleksi.
Tahapan tersebut ialah seleksi administrasi, Student Literacy Camp (SLC) dan Persiapan Studi Lanjut (PSL), Pembekalan Calon Peserta sIBac-sip, serta Tes Lisan (Wawancara).
Dilansir dari dktv.uinib.ac.id, untuk seleksi administrasi ada dua persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta, yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus.
Persyaratan umum
1. Berakhlak Mulia
2. Aktif bahasa Arab atau Inggris
3. Mahasiswa aktif UIN Imam Bonjol Program S1 dan S2, maksimal semester IV
bagi mahasiswa S.1 dan semester II bagi mahasiswa S2
4. Scan Surat Permohonan dialamatkan ke Rektor UIN Imam Bonjol Padang
5. Scan Daftar Riwayat Hidup dan Pas Foto
6. Scan Kartu Hasil Studi semester gasal 24/25
7. Scan Surat aktif kuliah semester genap 24/25
8. Scan Bukti aktif organisasi dan Prestasi Non Akademik yg dibuktikan dengan:
a. Surat Keputusan/ Surat Keterangan (berlaku sejak terdaftar menjadi
mahasiswa UIN)
b. Sertifikat/ Piagam (berlaku sejak terdaftar menjadi mahasiswa UIN)
9. Scan Surat Pernyataan bersedia mengikuti aturan selama kegiatan
berlangsung bermaterai Rp. 10.000,-
10. Screenshot bukti Follow akun Instagram @uinimambonjolpadang, @io_uinib
dan @sibacsip.uinib
Persyaratan Khusus
Mengirim Dua Naskah Karya
a. Naskah Artikel Populer (1000 kata)
b. Naskah Artikel Ilmiah (5000 – 6000 kata) tidak termasuk daftar pustaka
c. Bukti Cek Plagiarisme.
Ketentuan Karya.
a.Menggunakan Pedoman Umum Bahasa Indonesia (PUEBI)
b. Format penulisan Font 12 Times New Roman, kertas A4, margin atas 4CM, kiri 4 CM, kanan 3 CM dan bawah 3 CM
Tema Artikel Populer
a. Kompetensi Mahasiswa pada Artificial Intelligence (AI) Era
b. Literasi Digital; Literasi Global
c. Revolusi Pemikiran Mahasiswa Gen Z
Ketentuan Artikel Ilmiah
a. Tema bebas dan aktual
b. Berbasis keilmuan Program Studi
c. Referensi artikel jurnal tiga (3 th) terakhir 70%
d. Referensi minimal 15 judul
Setelah melengkapi persyaratan tersebut, nantinya persyaratan umum dijadikan dalam satu file format pdf dan persyaratan khusus dalam dua format pdf, yaitu artikel populer dan artikel ilmiah sesuai dengan ketentuan.
Lalu berkas wajib dikirim melalui Email: sibac_sip@uinib.ac.id dan pada link pendaftaran berikut Klik. Bagi peserta yang lulus seleksi administrasi berhak mengikuti tahapan selanjutnnya, yaitu Student Literacy Camp (SLC) dan Persiapan Studi Lanjut (PSL) tahun 2025.
Informasi tambahan :
– Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 27 Februari 2025 melalui website uinib.ac.id. (*)