BCA Kucurkan Rp200 Juta Untuk Beasiswa Mahasiswa Unand Berprestasi

BCA Kucurkan Rp200 Juta Untuk Beasiswa Mahasiswa Unand Berprestasi

BCA serahkan beasiswa senilai Rp200 Juta untuk mahasiswa Unand Berprestasi (ist)

PalantaLanggam - Tahun ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengucurkan beasiswa senilai Rp5,35 miliar untuk 18 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Pemberian beasiswa itu adalah bentuk komitmen BCA dalam pengembangan pendidikan demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Di Sumbar, Universitas Andalas (Unand) menjadi salah satu perguruan tinggi penerima beasiswa Bakti BCA. Beasiswa senilai Rp200 juta itu diserahkan secara simbolis oleh Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati dan Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Padang Robert Siahaan kepada perwakilan mahasiswa/i Unand yang disaksikan oleh Wakil Rektor III Universitas Andalas Hermansyah, Jumat (27/09/2019) di Kantor KCU BCA Padang.

Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati mengatakan, beasiswa ini kali pertama diberikan untuk mahasiswa Sumbar. Mereka yang menerima telah melewati satu penyaringan. Dengan indikator penerima nilai cukup baik dan keterbatasan keuangan.

Selain menerima dana untuk sekolah dan kehidupan sehari-hari, penerima juga diwajibkan mengikuti pelatihan softskill.

“Tujuannya memperluas wawasan melalui kegiatan seminar, pelatihan, dan mentoring. Sehingga penerima beasiswa Bakti BCA lebih siap menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti,” katanya.

Tahun 2019 ini, BCA memberikan beasiswa senilai Rp5,35 miliar kepada 703 orang mahasiswa di 18 PTN. Dukungan tidak hanya berhenti pada dukungan materil, pihaknya juga akan aktif melengkapi mahasiwa dengan kemampuan soft skill yang dibutuhkan saat menempuh jenjang perguruan tinggi dan persiapan memasuki kerja.

Beasiswa Bakti BCA sudah memasuki tahun ke-20 dan terus mengevaluasi dana yang diberikan serta jumlah penerimanya. Terhitung sejak tahun 2019, BCA menambahkan jumlah perguruan tinggi negeri penerima beasiswa dari 16 menjadi 18 PTN. Sementara jumlah dana yang dialokasikan juga meningkat setiap tahunnya.

Kepala KCU BCA Padang Robert Siahaan mengatakan, SDM excellence dapat dibina melalui pendidikan yang berkualitas. Sebagai institusi perbankan yang konsisten dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabah, BCA kian berkomitmen pula untuk mendukung pengembangan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia di Indonesia melalui program Beasiswa Bakti BCA.

“Kami selalu mengharapkan program beasiswa yang kami susun ini sekiranya dapat memberikan kontribusi bagi nilai tambah pendidikan di Tanah Air,” tambah Robert.

Beasiswa Bakti BCA dikembangkan sejak tahun 1999 dan ditujukan bagi mahasiswa Strata Satu (S1) yang berprestasi namun memiliki kendala finansial. Diharapkan, beasiswa yang diterima para mahasiswa, termasuk mahasiswa Unand ini, dapat meningkatkan motivasi belajar dan membantu mereka menyelesaikan pendidikan.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unand Hermansyah mengaku berterimakasih atas beasiswa tersebut. “Kami sangat mengapresiasi dukungan BCA. Semoga anak-anak kami memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Gali dan kenalilah potensi yang ada,” harapnya.

Kegiatan itu juga dihadiri Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Keuangan OJK Mendi Rahmadi. (*/ICA)

Baca Juga

Rektor UNAND Lantik Sekretaris Universitas dan Sejumlah Pejabat
Rektor UNAND Lantik Sekretaris Universitas dan Sejumlah Pejabat
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang pada 2024 ini, menyiapkan beasiswa bagi sarjana terbaik untuk melanjutkan pendidikan.
UIN Imam Bonjol Padang Siapkan Beasiswa S2 Bagi Mahasiswa Berprestasi
Rektor Lantik Komandan Baru Resimen Mahasiswa UNAND
Rektor Lantik Komandan Baru Resimen Mahasiswa UNAND
Mahasiswa FKM Unand Skrining Kesehatan dan Latih Lansia di Limapuluh Kota
Mahasiswa FKM Unand Skrining Kesehatan dan Latih Lansia di Limapuluh Kota
Pengabdian Masyarakat Prodi Pendidikan Profesi Bidan Unand, Berikan Edukasi Keluarga Berencana di RW 02 Kelurahan Koto Luar
Pengabdian Masyarakat Prodi Pendidikan Profesi Bidan Unand, Berikan Edukasi Keluarga Berencana di RW 02 Kelurahan Koto Luar
Khairul Fahmi Unand
Khairul Fahmi Dilantik Jadi Wakil Rektor Termuda di Unand, Pengurus Perti Sumbar hingga Panelis Debat Capres