Baru 3 di Tanah Air, Kemenag Dorong Lahirnya LPH Baru

Baru 3 di Tanah Air, Kemenag Dorong Lahirnya LPH Baru

Gedung Kemenag. [dok. Kemenag]

Langgam.id - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kemenag Muhammad Aqil Irham mengatakan pihaknya akan terus mendorong lahirnya Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di Tanah Air. Hal tersebut berguna untuk mendekatkan layanan Jaminan Produk Halal (JPH) kepada masyarakat yang tersebar di Indonesia.

Saat ini sudah ada tiga LPH, dan BPJPH di terus mendorong penambahan jumlah LPH yang nantinya diharapkan untuk mendekatkan layanan kepada sebaran pelaku usaha di setiap daerah.

"Semakin banyak jumlah LPH tentu akan lebih banyak lagi auditor halal yang tersedia juga," terang Aqil Irham dikutip dari website resmi kemanang Rabu, (27/10).

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 Pasal 40 ayat (1) mengatur bahwa pengangkatan auditor halal oleh LPH harus memenuhi sejumlah persyaratan di antaranya warga negara Indonesia dan beragama Islam.

Kemudian calon auditor halal harus berpendidikan paling rendah sarjana strata satu di bidang pangan, kimia, biokimia, teknik industri, biologi, farmasi, kedokteran, tata boga, atau pertanian.

Mereka juga harus memahami dan memiliki wawasan luas mengenai kehalalan produk menurut syariat Islam. Calon auditor juga harus mendahulukan kepentingan umat di atas kepentingan pribadi atau golongan. (Mg Lisa)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

HAB Kemenag: Menteri Agama Minta Jaga Kerukunan Jelang Pemilu 2024
HAB Kemenag: Menteri Agama Minta Jaga Kerukunan Jelang Pemilu 2024
Kemenag RI: Sejak Ada Sertifikasi, Angka Perceraian Tinggi di Indonesia
Kemenag RI: Sejak Ada Sertifikasi, Angka Perceraian Tinggi di Indonesia
Langgam.id - Kemenag mengingatkan agar JCH asal Indonesia tidak merokok di sembarang tempat selama menunaikan ibadah haji tahun 2022.
Kemenag Ingatkan Jemaah Calon Haji Agar Tak Merokok Sembarangan Selama di Tanah Suci
hasil-sidang-isbat-menag-lebaran-jatuh-pada-senin-2-mei-2022
Hasil Sidang Isbat, Menag: Lebaran Jatuh pada Senin, 2 Mei 2022
Berita Padang Panjang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Lima rumah makan di Padang Panjang gratis pembiayaan sertifikasi halal.
Islamic Center Jadi DTW, 5 Rumah Makan di Padang Panjang Digratiskan Pembiyaan Sertifikasi Halal
Berita terbaru dan terkini hari ini: Kemenag RI menerbitkan SE sebagai panduan atau ketentuan dalam penyelenggaraan ibadah ramadan.
Ini 12 Ketentuan Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriah Oleh Kemenag RI