Bansos Covid-19 Pemko Padang Rp600 Ribu, Ditransfer ke Kelurahan Rabu 13 Mei

BLT Corona Padang, bansos tunai

Ilustrasi - bantuan sosial covid-19. (Foto: Mohamad Trilaksono/pixabay.com)

Langgam.id - Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Kota Padang segera dicarikan kepada masyarakat yang terdampak covid-19. Hal ini setelah data penerima telah dinyatakan rampung sebanyak 74.126 kepala keluarga (KK).

Setiap kepala keluarga mendapatkan uang tunai sebesar Rp600 ribu. Dinas Sosial Kota Padang menargetkan pada Rabu (13/5/2020), dana yang akan dibagikan kepada masyarakat terdampak telah ditransfer ke 104 kelurahan.

"SK sudah selesai, sudah dimasukkan ke keuangan. Mungkin dalam minggu besok cair, bisa hari Rabu selesai. Saya drop ke kelurahan, nanti terserah kelurahan membagi apakah langsung hari itu juga," kata Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Afriadi dihubungi langgam.id, Minggu (10/5/2020).

Ia menyebutkan dari kelurahan nantinya bantuan itu diserahkan kepada RT setempat, kemudian diteruskan ke masyarakat. Dalam hal ini, Pemerintah Kota Padang sengaja tidak mengunakan jasa PT Pos seperti yang dilakukan pencairan BLT Provinsi Sumbar.

"Kami Pemerintah Kota memiliki kebijakan masing-masing, kenapa ikuti mereka. Kita ada alasan, karena RT yang mendata, maka RT yang membagi langsung karena tahu alamat penerima," katanya.

Afriadi mengatakan BLT sebesar Rp600 Ribu ini merupakan bantuan untuk bulan April. Dana diambil dari Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Kota Padang sebesar Rp44 miliar lebih.

"Kami cairkan Rp600 ribu ini untuk bulan April saja. Selanjutnya untuk bulan berikutnya kami tidak tahu, apakah masih ada uang Pemerintah Kota Padang. Yang jelas satu bulan ini dibayarkan dulu, bagaimana nanti selanjutnya dilihat aja," katanya.

Afriadi mengatakan untuk bantuan dari Kementerian Sosial, pihaknya telah menyerahkan data warga Padang yang berhak mendapatkan sebanyak 28.594 kepala keluarga. Masing-masing kepala keluarga mendapatkan bantuan Rp1,2 juta.

Sementara data penerima BLT dari Pemerintah Provinsi Sumbar yang diserahkan, sebanyak 13.415 kepala keluarga. Menurutnya, bantuan dari Kemensos dan Pemerintah Provinsi Sumbar ini sudah berjalan.

Afriadi mengatakan selain BLT Rp600 ribu, Pemerintah Kota Padang mengklaim telah banyak memberikan bantuan non tunai kepada masyarakat yang terdampak. Bahkan pada Senin (11/5/2020), akan dibagikan bantuan sembako dari Lembaga Amil Zakat berupa beras.

"Dalam Lembaga Ambil Zakat ini ada 10 perkumpulan. Kami mendata warga berhak mendapatkan ini sekitar 14 ribu kepala keluarga, masing-masing mendapatkan 10 kilogram beras," tuturnya. (Irwanda/ICA)

Baca Juga

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat, saat ini sudah ada 175 bank sampah di daerah tersebut. Keberadaan bank sampah ini
Padang Miliki 175 Bank Sampah, Terbanyak di Kecamatan Pauh
Simulator golf telah hadir di Padang. Simulator golf ini hadir bersamaan dengan dibukanya Par Tee Kafe di Jalan Wahidin, dekat kantor PLN.
Ada Simulator Golf di Padang, Buka Mulai 1 Juni
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Sekda Kota Padang, Andree Algamar. [Foto: Dok. Pemko Padang]
Andre Algamar Dilantik Jadi Pj Wali Kota Padang Besok
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee
Buntut Rekayasa Pencurian, Mahasiswa Geruduk Klinik Athena Milik dr Richard Lee di Padang
Buntut Rekayasa Pencurian, Mahasiswa Geruduk Klinik Athena Milik dr Richard Lee di Padang