Bank Nagari Raih 2 Penghargaan di 21th Infobank MRI Banking Service Excellence 2024

Bank Nagari Raih 2 Penghargaan di 21th Infobank MRI Banking Service Excellence 2024

Dirut Bank Nagari Gusti Candra menerima penghargaan di ajang 21th Infobank MRI Banking Service Excellence 2024. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - Dua prestasi bergengsi dan membanggakan berhasil diraih oleh Bank Nagari pada ajang penghargaan 21th Infobank-MRI Banking Service Excellence 2024.

Dua penghargaan itu diantaranya The 1st Best ATM untuk Regional Development Bank dan The 2nd Best Teller untuk Regional Development Bank.

Penilaian Banking Service Excellence 2024 sendiri dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) terhadap Bank Konvensional, Bank Syariah, Unit Usaha Syariah, BPD dan Bank Digital, serta layanan digital.

Dua penghargaan dari tersebut diterima langsung oleh Direktur Utama (Dirut) Bank Nagari Gusti Candra di Kempinski Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (2/7/2024) malam.

Dirut Bank Nagari Gusti Candra mengatakan, dengan diraihnya ranking 1 dalam pelayanan mesin ATM dan layanan teller, menunjukkan layanan yang diberikan oleh Bank Nagari kepada para nasabah sangat baik, sehingga mereka menjadi terlayani dan terpuaskan.

"Seperti kita tahu untuk mendapatkan penghargaan ini tentu tidak mudah. Kerja keras dan penghargaan yang didapatkan menunjukkan bahwa mesin-mesin ATM Bank Nagari mampu memenuhi ekspektasi nasabah, baik dari ketersedian uang, aplikasi, item, keamanan, dan lainnya,” katanya.

Ia menambahkan, untuk prestasi yang didapatkan untuk teller, hal itu membuktikan bahwa Bank Nagari berhasil memberikan dan menunjukkan keramahan kepada setiap nasabah dengan respon yang cepat, baik, dan jelas.

"Dengan penghargaan yang Bank Nagari dapatkan ini, kami juga berterima kasih kepada Pemegang Saham Gubernur, Bupati / Walikota, serta Koperasi Keluarga Besar Bank Nagari yang telah memberikan dukungan penuh agar kami bisa bekerja lebih maksimal,” ujarnya.

Gusti juga berharap kepada pemegang saham untuk mengimbau masyarakat untuk selalu menggunakan layanan Bank Nagari dalam aktivitas dan kehidupan sehari-hari, khususnya dalam aktivitas perbankan.

Direktur Keuangan Bank Nagari Roni Edrian mengatakan, penilaian Bank Service Exellent 2024 yang dilakukan oleh MRI ini merupakan salah satu ukuran kualitas service atau layanan bank dimata nasabah.

"Semoga ini menjadi semangat dan motivasi bagi kita untuk selalu meningkatkan layanan khususnya di frontliner, sehingga nasabah dan masyarakat akan merasa nyaman untuk menjadikan Bank Nagari sebagai bank utama mereka, yang tentunya akan meningkatkan dananya di Bank Nagari khususnya tabungan, yang pada akhirnya akan meningkatkan dana murah (CASA) Bank Nagari ke depannya,” jelasnya.

Selain itu penghargaan ini juga membuktikan Bank Nagari tidak kalah dengan bank lainya, karena human tidak serta merta bisa digantikan oleh teknologi, sehingga semakin baik layanan maka akan semakin baik bisnis.

"Ke depannya kita tidak hanya ingin mendapatkan penghargaan untuk dua kategori di atas, tapi kita ingin mendapatkan penghargaan lainya seperti kategori Customer Service, Security layananan digital, mobil banking, Laku Pandai, dan lainnya,” kata Roni.

“Terima kasih kepada Pemimpin Divisi, Pemimpin Cabang, dan seluruh karyawan/ti atas semangatnya untuk memberikan yang terbaik untuk Bank Nagari,” pungkasnya.Untuk diketahui, pemberian penghargaan didasarkan pada hasil survei yang dilakukan MRI sejak akhir 2023 hingga Maret 2024. Survei bertajuk ”Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024” itu untuk mengukur kualitas service atau layanan bank di mata nasabahnya, baik nasabah yang datang ke kantor cabang secara tatap muka, maupun nasabah yang memanfaatkan layanan digital banking.
“Secara garis besar, seluruh touch point yang memfasilitasi interaksi nasabah secara langsung dengan banknya diikutsertakan dalam aspek penilaian BSEM 2024 untuk memberikan padangan terhadap customer eksperience secara holistik,” ujar Direktur Utama MRI Harry Puspito, dalam kata sambutannya.
Ada dua kategori touch point perbankan yang diulas dalam survei BSEM 2024. Pertama, kantor cabang dan layanan prioritas dari bank umum sebagai touchpoint perbankan tradisional yang mengambil bobot sebesar 43%.
Kedua, touchpoint digital yang meliputi layanan electronic banking (phone banking, SMS banking, mobile banking, internet banking, dan aplikasi investasi), layanan pembukaan rekening online, digital branch, ATM dan CRM, serta berbagai saluran layanan contact center, seperti call center, chatbot, social media, live chat, email, dan website perbankan yang bersama-sama mengambil bobot 57%.
Sementara itu, pengukuran customer experience nasabah dilakukan dengan menggunakan metode mystery shopping. Dengan metode ini, MRI mengukur operational efficiency dan proses layanan yang berlangsung melalui pengalaman nasabah dengan mengirimkan sejumlah shopper yang bertindak sebagai pelanggan sesungguhnya.
Pemberian penghargaan BSEA 2024 ini merupakan bentuk penghargaan kepada bank-bank yang berhasil melakukan peningkatan layanan dengan inovasi teknologi digital.
“Saat ini sedang heboh bobolnya server Pusat Data Nasional Sementara (PDNS). Untuk itu, semangat bank dalam memanfaatkan teknologi digital tetap harus dibarengi dengan peningkatan security system tanpa mengabaikan fokus pada customer centric,” ujar Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group, dalam sambutannya.

Baca Juga

Paruh Pertama 2024, Bank Nagari Catat Aset Capai Rp32,37 Triliun
Paruh Pertama 2024, Bank Nagari Catat Aset Capai Rp32,37 Triliun
Jabatan Gusti Chandra sebagai Direktur Kredit dan Syariah merangkap tugas Pjs Direktur Utama (Dirut) dan seluruh Direksi Bank Nagari,
Terindikasi Judi Online, Bank Nagari Laporkan 6 Rekening ke PPATK
Undian Tabungan Berhadiah Bank Nagari, Ada Mobil Pajero hingga Umrah
Undian Tabungan Berhadiah Bank Nagari, Ada Mobil Pajero hingga Umrah
Semester I 2024, Bank Nagari Raih Laba Bersih Rp224,82 Miliar
Semester I 2024, Bank Nagari Raih Laba Bersih Rp224,82 Miliar
Ada Cashback Menarik, Bank Nagari Tawarkan Promo Tahun Ajaran Baru
Ada Cashback Menarik, Bank Nagari Tawarkan Promo Tahun Ajaran Baru
Bank Nagari Berkolaborasi dengan Hipermi Perluas Akses Pasar Rendang
Bank Nagari Berkolaborasi dengan Hipermi Perluas Akses Pasar Rendang