Bakal Dipentaskan di Festival Pamalayu, Audisi Pemain Drama Dara Petak Dara Jingga Digelar

Langgam.id - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dharmasraya adakan audisi pemain Drama Musical Dara Petak Para Jingga.

Audisi pemain Drama Musical Dara Petak Para Jingga dalam rangka festival Pamalayu Kenduri Swarnabhumi. [Foto: Dok. Pemkab Dharmasraya]

Langgam.id - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dharmasraya adakan audisi pemain Drama Musical Dara Petak Para Jingga dalam rangka festival Pamalayu Kenduri Swarnabhumi.

Audisi digelar di Gedung Pertemuan Umum Kecamatan Pulau Punjung, 2-3 Agustus 2022, diikuti tujuh sanggar dari seluruh wilayah Kabupaten Dharmasraya yang telah diseleksi terlebih dahulu.

"Alhamdulillah pada hari ini sedang melaksanakan audisi hari pertama yang diikuti oleh empat sanggar. Setiap sanggar mengutus sepuluh orang peserta dengan empat orang laki-laki dan enam orang perempuan," ujar Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Oahraga Kabupaten Dharmasraya, Sutan M. Taufik, Senin (2/08/2022).

Menurut M. Taufik, untuk seleksi hari pertama diikuti empat sanggar, yakni Sanggar Gadih Lareh dari Kecamatan Sungai Rumbai, Sanggar Timbulun Indah Kecamatan Pulau Punjung, Sanggar Kajanglako dari Kecamatan Koto Baru dan Sanggar Sumaran Rumah Panjang Kecamatan Pulau Punjung.

Lalu, audisi hari kedua akan di ikuti leh tiga sanggar, yaitu sanggar seni Darah Jingga, sanggar seni Sarai Sarumpun, sanggar seni Darah Petak Dari Kecamatan Sitiung Nagari Siguntur Kecamayan Sitiung.

"Dari 70 peserta audisi akan diambil 40 orang, yang terdiri 25 orang perempuan dan 15 orang laki-laki. Selanjutnya dilaksanakan latihan bersama tim perfilman nasional, yaitu latihan koreonya pada tanggal 15 sampai 22 Agustus 2022, dan ditampilkan untuk mengisi acara Festival Pamalayu pada 23 Agustus," ungkapnya.

Kriteria yang akan di ambil oleh tim seleksi audisi acara drama musical Dara Petak Dara Jingga adalah yang multitalenta, sehingga dapat memerankan sejarah Dharmasraya, yaitu mengenai Dara Petak Dara Jingga. Penilaian ini dilakukan tim khusus Perfilman Nasional.

“Kami berharap dengan adanya acara seleksi Drama Musical Dara Petak Dara Jingga mendapatkan pemeran terbaik, karena nantinya akan tampil full di Festival Kenduri Swarnabhumi yang akan disaksikan oleh tingkat Nasional di Candi Pulau Sawah," jelas Taufik.

Lebih lanjut dikatakan M. Taufikm, tujuan drama musical ini agar generasi muda Dharmasraya dapat mengetahui sejarah dari Dharmasraya.

Baca juga: Festival Pamalayu Jilid 2 Segera Digelar, Akan Libatkan Sejumlah Daerah di Luar Sumbar

“Kami mengimbau masyarakat Kabupaten Dharmasraya untuk dapat mengahadiri acara Festival Pamalayu Selaran Alam Raya Kenduri Swarnabhumi yang dimulai dari tanggal 18 sampai tanggal 23 Agustus Tahun 2022," katanya.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Bupati Dharmasraya Kukuhkan Marjilis Jadi Camat Tiumang
Bupati Dharmasraya Kukuhkan Marjilis Jadi Camat Tiumang
Mutasi Awal Tahun, Bupati Dharmasraya Lantik 10 Pejabat Pemkab
Mutasi Awal Tahun, Bupati Dharmasraya Lantik 10 Pejabat Pemkab
Kapolsek Sungai Rumbai Mediasi Sengketa Warga dengan Perusahaan Kebun Sawit
Kapolsek Sungai Rumbai Mediasi Sengketa Warga dengan Perusahaan Kebun Sawit
Warna-Warni Pawai Budaya di Dharmasraya
Warna-Warni Pawai Budaya di Dharmasraya
Dharmasraya, Solsel dan Pasbar Serentak Peringati Hari Jadi Ke-19
Dharmasraya, Solsel dan Pasbar Serentak Peringati Hari Jadi Ke-19
Diresmikan Menteri PUPR, Masjid Agung Dharmasraya Mulai Digunakan
Diresmikan Menteri PUPR, Masjid Agung Dharmasraya Mulai Digunakan