Auto2000 Home Service, Merawat Cinta Pelanggan dari Pintu ke Pintu

Auto2000 Home Service, Merawat Cinta Pelanggan dari Pintu ke Pintu

Nopi Adi Asril melayani salah seorang AutoFamily di kediamannya. (Foto: Irwanda/langgam.id)

Langgam.id - Matahari baru sejengkal naik ke peraduan. Masih segar betul udara pagi itu, ketika Nopi Adi Asril sibuk dengan perkakasnya saat memulai pekerjaan di rumah seorang AutoFamily (konsumen Toyota).

Sembari memeriksa mobil konsumen, pria 27 tahun ini dengan ramah meladeni pelanggan mengobrol seputar persoalan otomotif.

Nopi adalah satu dari sekian banyak mekanik andal Auto2000 Khatib Sulaiman Padang. Sudah delapan tahun lebih lamanya dia mengabdi di dealer resmi Toyota yang berlokasi di Jalan Khatib Sulaiman itu.

Saat ini, Nopi menjadi mekanik khusus untuk layanan THS atau Auto2000 Home Service. Paling tidak, sudah lima tahun pula dia melayani layanan panggilan servis kendaraan itu.

Bagi AutoFamily, layanan Auto2000 Home Service bisa dimanfaatkan untuk servis berkala kendaraan, ganti oli, aki dan lainnya. Pelanggan cukup menunggu di rumah saja, mekanik siap datang menghampiri. Berbagai persoalan kendaraan dapat diatasinya dengan mudah, hasilnya pun memuaskan.

Contohnya kendaraan Toyota Innova milik salah seorang AutoFamily bernama Ridwan Muhammad. Pensiunan Polri berusia 63 tahun itu menjadi pelanggan pertama Nopi pada Selasa (8/12/2020) pagi itu di Komplek Jalan Utama 2 Blok I, Kelurahan Parak Laweh, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang.

Saat itu, Nopi melakukan servis berkala yang pertama yaitu service berkala 1.000 km, kendaraan Toyota Innova pelanggannya. Mobil tersebut baru saja menempuh perjalanan jauh dari Jakarta. Dan sembari bekerja, dia terus memberikan solusi dari setiap keluhan yang disampaikan AutoFamily tersebut.

Tangan Nopi tampak begitu terampil dan cekatan. Kerjanya rapi dan bersih. Pelanggannya, Ridwan, pun tampak senang dan merasa nyaman dengan layanan servis pintu ke pintu itu. Apalagi, selama bekerja, mekanik satu ini tak pernah sekalipun melepaskan masker yang dikenakannya.

Alat pelindung diri itu memang menjadi kewajiban untuk selalu digunakannya kala bertandang ke rumah AutoFamily. Hal ini untuk menghindari dan mengantisipasi penyebaran virus covid-19 terhadap dirinya dan para AutoFamily.

Lampiran Gambar

Nopi Adi Asril melakukan servis kendaraan milik seorang AutoFamily. (Foto: Irwanda/langgam,id)

"Saya cek ya pak. Untung Innova ini tinggi, jadi enggak perlu pakai dongkrak," kata Nopi sembari berbaring masuk ke kolong mobil untuk membersihkan area mesin.

Nopi memeriksa dengan teliti satu persatu onderdil mobil. Mulai dari tali kipas, oli mesin, sistem pendingin mesin dan heater serta pedal rem bahkan fungsi rem parkir. Dia juga memeriksa cairan pendinginan mesin, pipa gas buang beserta kedudukannya, baterai, sedimenter air. Termasuk, pemeriksaan asap gas buang yang dilakukannya secara manual.

Apa yang dikerjakan Nopi sesuai dengan item-item yang ada di buku servis. Namun di luar itu, pelayanan optimal untuk kepuasan pelanggan terus dilakukannya demi memberikan kenangan tersendiri untuk AutoFamily.

Salah satunya, berulang kali ia menyemprotkan cairan disinfektan yang memiliki aroma wangi sebagai pengganti pengharum untuk bagian dalam mobil. Tak hanya itu, seluruh karpet dasar mobil juga ikut dibersihkannya dengan semprotan gas angin. Begitu pun di sisi kap mesin.

"Ini pentil ban saya ganti ya, pak. Beda warna satu, kurang matching jadinya," kata Nopi sembari berjalan ke arah mobil Auto2000 Home Service untuk mengambil pentil ban sewarna.

Persoalan kecil seperti pentil ban yang menjadi perhatian, membuktikan begitu optimalnya para mekanik Auto2000 Khatib Sulaiman Padang memberikan pelayanan terbaik kepada AutoFamily. "Bagi saya, itu nilai plus untuk customer. Semoga apa yang saya lakukan dapat menjadi kenangan pelanggan," tuturnya.

Ridwan mengaku baru pertama kali memanfaatkan layanan Auto2000 Home Service. Tanpa disangkanya, pelayanan yang diberikan oleh mekanik ternyata begitu memuaskan dan tak memakan waktu lama.

Apalagi, dengan sistem mekanik datang ke rumah membuatnya tak perlu ke Showroom Auto2000 Khatib Sulaiman Padang. Tetap di rumah aja, membuatnya aman dan nyaman selama pendemi covid-19.

"Saya sebagai konsumen, cukup puas. Sebab, kalau saya memanfaatkan layanan Auto2000 Home Service jadi tidak capek ke Showroom," kata Ridwan sembari menanyakan pelayanan ini apakah berlaku satu kali saja.

Menjawab pertanyaan itu, Nopi pun menjelaskan bahwa layanan Auto2000 Home Service bisa dimanfaatkan kapan saja. Selagi dibutuhkan dan jika mobil ada permasalahan baik di rumah maupun di jalan, dirinya siap untuk melayani dan memperbaiki.

"Ini tentunya sangat memuaskan konsumen," sambung Ridwan.

Meningkat Selama Pandemi

Kondisi pandemi covid-19 memang membuat masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Begitupun persoalan kebutuhan perbaikan kendaraan. Hadirnya layanan Auto2000 Home Service menjadi solusi tepat bagi pelanggan yang khawatir untuk ke luar rumah.

Lampiran Gambar

Kepala Bengkel Auto2000 Khatib Sulaiman Padang, Budi Setiyawan. (Foto: Irwanda/langgam.id)

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Khatib Sulaiman Padang, Budi Setiyawan, layanan ini umpama bengkel yang dipindahkan ke rumah pelanggan atau ke lokasi yang ditentukan. Semua keperluan mulai servis berkala, ganti oli dan aki hingga pengecekan keluhan bisa dilakukan di lokasi yang diinginkan pelanggan.

"Pelanggan sedang beraktivitas, mobilnya kami servis di lokasi. Pelayanannya meliputi apa saja? Sama sebetulnya (di bengkel) seperti servis berkala, atau perbaikan yang keluhan ringan seperti ganti oli, ganti aki dan lainya. Dan itu tidak ada biaya tambahan sama sekali. Untuk garansi pun juga sama," katanya kepada langgam.id

Pria yang akrab dipanggil Wawan itu mengungkapkan, saat ini layanan Auto2000 Home service semakin lebih mudah dengan konsep digitalisasi berupa aplikasi. Hal ini membuat pelanggan menjadi mudah untuk melakukan booking melalui Android atau iPhone.

Bahkan saat ini, mekanik Auto2000 home service sudah menggunakan aplikasi khusus dalam melayani pelanggan sehingga lebih modern dan profesional.

"Pelanggan bisa booking, pilih cabangnya, pilih mekanik siapa yang direkomendasikan, jamnya berapa. Ada spesial note, kalau ada keluhan bisa ditulis, diutarakan di situ," jelasnya.

"Dulu kita kan harus telepon, kalau telepon ada jam-jam tertentu, sibuk. Kalau sekarang dengan adanya digitalisasi ini, Auto2000 mulai memperkenalkan ke banyak pelanggan kita untuk mengunakan Auto2000 Digiroom, yaitu sebuah platform kemudahan akses," sambungnya.

Wawan mengatakan selama pendemi layanan Auto2000 Home Service meningkat drastis 10 hingga 15 persen. Dengan peningkatan tajam itu, pihaknya juga tidak lupa menerapkan protokol kesehatan bagi mekanik demi kenyamanan pelanggan.

"Memang ada trend perubahan perilaku pelanggan, sehingga banyak memilih Auto2000 Home Service. Nah, kami juga menerapkan protokol kesehatan, mulai APD di-mekanik dan pelanggan. Kami selalu berusaha untuk tidak berhubungan fisik dan menjaga jarak dengan pelanggan. Ini menjadi konsen utama di Auto2000 Home Service," ucapnya.

Saat ini, kata dia, di Auto2000 Khatib Sulaiman Padang memiliki lima mekanik khusus layanan Auto2000 Home Service. Untuk melakukan booking layanan Auto200 Home Service, pelanggan dapat melakukannya H-1 sebelum waktu yang ditentukan.

Beberapa pilihan selain melalui aplikasi Auto2000 Digiroom, AutoFamily juga dapat membooking dengan cara menghubungi call centre ke nomor 1 500 898 atau hotline cabang 0751 7052000. Tak hanya itu, pakai email juga bisa dengan mengirim ke Booking.Padang@tso.astra.co.id serta pesan singkat WhatsApp ke nomor 0811-663-2000.

Saat ini Auto2000 Khatib Sulaiman padang adalah authorized dealer toyota yang memiliki jumlah armada Home Service terbanyak di Provinsi Sumatra Barat yaitu 5 Armada Auto2000 Home Service.

"Registrasi kendaraan, mobilnya ini, dan data personalnya juga diisi. Nanti kita proses servis langsung terdeteksi. Misalkan di luar Padang, seperti Padang Panjang nanti merekomendasikan di Auto2000 terdekat seperti di Bukittinggi. Nanti order, mobil jalan, sudah mengarah ke sana akan terlihat di aplikasi Auto2000 Digiroom. Intinya, Lebih gampang, lebih mudah, pelanggan lebih enak dan diuntungkan dengan Auto2000 Home Service," ujar Wawan.

Soal mekanik, AutoFamily tak usah khawatir. Auto2000 Khatib Sulaiman Padang telah melakukan penyaringan yang ketat dan para mekanik handal di semua bidang. Khusus mekanik yang melayani Auto2000 Home Servis ini, mereka juga telah memiliki pengalaman kerja selama lebih dari lima tahun.

"Mekanik Auto2000 Home Service ini berbeda, selain menjadi mekanik dia juga sebagai kepala mekanik dan dia juga yang melakukan proses administrasi. Dia khusus, berbeda dengan mekanik lainnya dan menguasai semuanya. Mereka adalah mekanik senior yang telah berpengalaman bekerja lebih dari lima tahun," tuturnya. (Irwanda)

Tag:

Baca Juga

Diskon PPnBM 100 Persen, Ini Harga Resmi Toyota di Auto2000 Khatib Sulaiman
Diskon PPnBM 100 Persen, Ini Harga Resmi Toyota di Auto2000 Khatib Sulaiman
Atasi Karat Bodi Mobil, Begini Tips dari Auto2000 Khatib Sulaiman
Atasi Karat Bodi Mobil, Begini Tips dari Auto2000 Khatib Sulaiman
Innova dan Sienta Terbaru dengan Fitur 'Anti Virus' Resmi Mengaspal di Sumbar
Innova dan Sienta Terbaru dengan Fitur 'Anti Virus' Resmi Mengaspal di Sumbar
Masalah Fuel Pump Innova Hingga Fortuner, Auto2000 Khatib Sulaiman Buka Layanan Pengecekan
Masalah Fuel Pump Innova Hingga Fortuner, Auto2000 Khatib Sulaiman Buka Layanan Pengecekan
Auto2000 Ganti General Manager Area Sumatra
Auto2000 Ganti General Manager Area Sumatra
Apresiasi Pelanggan, Auto 2000 Khatib Sulaiman Gelar Event Sumarak
Apresiasi Pelanggan, Auto 2000 Khatib Sulaiman Gelar Event Sumarak