Apel Gelar Pasukan, Persiapan Keamanan Jelang Pemilu 2019

Apel Gelar Pasukan, Persiapan Keamanan Jelang Pemilu 2019

Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal bersama pimpinan TNI. (Foto: Humas Polda Sumbar)

Langgam.id - TNI-Polri mengadakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Singgalang dalam rangka pengamananan menghadapi Pemilu 2019 di Lapangan Imam Bonjol Padang, Jumat, (22/3/2019).

Apel dengan tema, Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri dengan Komponen Bangsa Lainnya, Guna Mewujudkan Kemananan Dalam Negeri yang Kondusif, diikuti oleh ratusan prajurit TNI dan Polri serta stakeholder lainnnya, ninik mamak, LKAM, dan masyarakat.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal, usai upacara mengatakan apel berguna mengecek kekuatan personil polisi, karena sudah mulai kampanye terbuka. Kekuatan personil disiapkan sampai nanti minggu tenang, pemilihan, hingga penghitungan suara pasca pemilu.

"Kita juga libatkan potensi dari masyarakat. Tujuannya supaya dalam pemilu nanti sinergitas antara TNI-Polri dan komponen seluruh masyarakat berjalan dengan bagus dan lancar," katanya kepada wartawan.

Fakhrizal berharap Pemilu 2019 berjalan dengan aman, tertib, lancar, dan kondusif, khususnya untuk daerah Sumatra Barat.

"Kita mau menciptakan rasa aman kepada masyarakat, Sehingga dalam pemilu kali ini tidak ada rasa takut masyarakat kita menuju TPS. Karena kita aparat dan seluruh komponen menjamin kemanan itu. Sehingga masyarakat bisa datang ke TPS beramai-ramai menentukan hak pilihnya," ujar Kapolda.

Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit yang ikut menghadiri Apel Gelar Pasukan, mengatakan TNI-Polri sudah siap memberikan jaminan keamanan saat pemilu nanti.

"Mudah-mudahan dengan juga berkumpulnya seluruh komponen masyarakat hari ini seperti ninik mamak, alim ulama, LKAM, Bundo Kanduang dapat menghadapi pemilu dengan aman," kata Nasrul kepada wartawan.

Menurutnya, dari pengalaman sebelumnya, daerah Sumatra Barat tergolong aman dalam melewati pemilu.

"Sampai saat ini di Sumatra Barat tidak ada masalah. Insya Allah kita hadapi pemilu ini dengan aman tenang, jujur, dan adil, itu harapan kita," kata Nasrul. (Rahmadi/HM)

Baca Juga

Polda Sumbar mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik agar selalu taat aturan lalu lintas. Hal ini demi mencegah
Ini Imbauan Polda Sumbar Bagi Masyarakat yang Melakukan Perjalanan Arus Balik
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengeluarkan Surat Edaran Nomor 400/1140 /Kesra/XII-2023 tentang Pergantian Tahun Baru Masehi di
Mudik Lebaran Lancar, Polda Sumbar Siagakan Personel di Objek Wisata
Polda Sumbar menekankan pentingnya waspada meninggalkan rumah sebelum mudik, sebagai langkah preventif untuk mencegah tindakan kriminal
Tinggalkan Rumah saat Mudik Lebaran, Ini Langkah Preventif yang Bisa Dilakukan
2.545 Personel Dikerahkan Amankan Mudik Lebaran di Sumbar
2.545 Personel Dikerahkan Amankan Mudik Lebaran di Sumbar
Berita Tanah Datar - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Satu unit truk tersangkut di jembatan rel kereta api di kawasan Lembah Anai.
Polda Sumbar Batasi Angkutan Barang Sumbu Tiga pada 5-15 April 2024
Polda Sumbar mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik agar selalu taat aturan lalu lintas. Hal ini demi mencegah
Marak Perang Sarung, Polda Sumbar: Fenomena Ini Dapat Picu Pertikaian dan Tawuran