Anies Baswedan Doa untuk Palestina Bersama Masyarakat Bukittinggi

Pemilihan Umum tinggal menghitung hari. Pesta demokrasi yang menandai babak baru nahkoda kepemimpinan di Indonesia itu, akan diikuti ratusan

Anies Baswedan menyapa masyarakat di Kota Bukittinggi. (Foto: Ist)

Langgam.id - Calon Presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan menghadiri acara Do'a untuk Palestina bersama masyarakat di Bukittinggi, Sumatera Barat, Rabu (1/11/2023) malam.

Kehadiran Anies Baswedan di sambut antusias warga di tengah guyuran hujan. Derasnya hujan tidak meyurutkan warga untuk berdoa bersama. hadiri juga Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, Wakil Walikota Bukittinggi, Marfendi, Ketua DPW PKB Sumbar, Firdaus, Ketua DPW NasDem Sumbar, Falih Amran, para tokoh masyarakat dan pimpinan partai lainnya. Anies hadir bersama isteri, Fery Farhati.

Memimpin doa di pelataran Jam Gadang, Anies menyampaikan rasa simpati dan kekejaman yang dilakukan Israel kepada Palestina. "Di sana (Palestina) tidak ada keteduhan, adanya ketegangan. Ratusan anak-anak meninggal. Kini ribuan anak-anak meninggal. Menjadi korban atas kekerasan yang dikirimkan oleh zionis Israel di tempat itu." Tegasnya.

"Di Bukittinggi, ribuan kilometer jauhnya (dari Palestina), tetapi seruan adzan Masjid Al-Aqsa meras terngiang di telinga kita, di Bukittinggi ini." Ujar Anies disambut takbir oleh masyarakat

"Secara fisik kita jauh, tetapi hati, pikiran, perasaan kita bersama saudara-saudara kita di Palestina"

Anies bersama warga mendoakan agar masyarakat Palestina diberi kekuatan dan ketabahan dalam melewati masa ujian yang luar biasa. Lebih lanjut Anies menyatakan bahwa Indonesia memiliki komitmen tanpa syarat bahwa Palestina harus menjadi sebuah negara merdeka dan dikuasai oleh segenap rakyat Palestina.

"Saudara-saudara kita di tepi barat Sungai Yordan, saudara kita di Jalur Gaza, mereka adalah orang-orang yang tangguh, ulet, orang-orang yang tahan, tapi dunia menyaksikan bahwa keuletan ketahanan mereka dihadapi dengan kejahatan tanpa batas," lanjut Anies.

Anies menyerukan kepada seluruh Khatib Sholat Jumat se Indonesia untuk menggugah dan menggaungkan doa khusus dan dukungan kepada saudara di Palestina.

"Saya menyerukan kepada seluruh khatib sholat Jumat, se Indonesia, di dalam khotbahnya besok, kirimkan doa khusus untuk Palestina, sampai kan doa khusus untuk saudara-saudara kita yang berjuang untuk kemerdekaan."

Anies berharap, apa yang dilakukan di Bukittinggi ini akan ditiru oleh kota-kota lain di seluruh Indonesia.

"Semoga, kota-kota lain di Indonesia mengikuti apa yang dikerjakan di Bukittinggi ini. Sehingga dunia menyaksikan, sebuah negeri yang lokasinya paling timur dari bentangan negeri² berpenduduk muslim, dikirimkan pesan perjuangan untuk seluruh masyarakat di Palestina".

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menyerukan perjuangan Palestina sama seperti perjuangan Bangsa Indonesia merebut kemerdekaan dari penjajah. Anies mempertegas bahwa hal yang terjadi di Indonesia akan terjadi Palestina. Menurut Anies, banyak tokoh pejuang lahir di Sumatera Barat. Hal yang sama akan terjadi di Palestina.

Anies melanjutkan bahwa Indonesia membutuhkan keadilan. "Kita ingin keadilan hadir di negeri ini, bukan hanya di tempat yang jauh. Negeri ini membutuhkan rasa keadilan." Jawab Anies yang ditutup dengan sholawat asyqil. (*/Fs)

Baca Juga

Ilustrasi kekerasan seksual
Seorang Gadis Asal Sumbar Berhasil Lolos dari Perdagangan Manusia di Jakarta
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) unggul di sejumlah TPS di Kota Padang
Pemilu 2024, KPU Sumbar Catat 6 Petugas Meninggal Dunia dan 50 Orang Sakit
Marapi Kembali Erupsi
Marapi Kembali Erupsi
Meski Kalah Telak dari Anies, 6 Daerah di Sumbar Ini Masih Dikuasai Prabowo
Meski Kalah Telak dari Anies, 6 Daerah di Sumbar Ini Masih Dikuasai Prabowo
KPU terus memperbarui hasi hitung suara atau real count untuk Pemilu 2024. Berdasarkan real count sementara, PKS masih unggul dalam pemilihan
PKS dan Gerindra Bersaing Ketat, Ini Perkiraan 10 Kursi Caleg Dapil I DPRD Sumbar
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-Perjuangan Sumatra Barat, Alex Indra Lukman menyebut ada 3 nama dari Ranah Minang yang dipertimbangkan
PDI Perjuangan Kembali Raih Kursi DPR Dapil Sumbar I