Angin Kencang Terjang Payakumbuh, 20 Pohon Tumbang

angin payakumbuh

Pohon tumbang di Payakumbuh akibat angin kencang (foto:Pemko Payakumbuh)

Langgam.id - Angin kencang yang melanda Kota Payakumbuh menyebabkan lebih dari 20 titik pohon tumbang di beberapa kecamatan. Delapan di antaranya menimpa rumah warga.

"Sisanya pohon melintang ke tengah jalan dan merusak fasilitas umum seperti kabel listrik dan telepon," kata Plt Kalaksa BPBD Kota Payakumbuh An Denitral.

Ia menyebut, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Dia juga memastikan akan melakukan koordinasi dengan setempat agar pekerjaan kepada rumah warga yang terkena dampak dilakukan secara swadaya.

Baca juga: Wako Riza Falepi Jelaskan Status Aset Limapuluh Kota di Payakumbuh

An Denitral meminta masyarakat untuk waspada mengingat cuaca ekstrem masih belum diketahui kapan akan berakhir. "Kita masih belum bisa memprediksi kapan akan berakhirnya cuaca ekstrem ini. Tapi kita tentu menghimbau masyarakat untuk siap siaga bencana," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Sakimin mengatakan, fenomena angin kencang terjadi sejak Rabu(31/3/2021) di kawasan Kota Padang dan sejumlah kawasan pesisir barat Sumbar.

"Hujan disertai angin kencang dari siang hari hingga malam hari ini di wilayah Pesisir Sumatera Barat dipicu oleh adanya pusat tekanan rendah di Samudera Hindia barat daya Banten," kata Sakimin, Minggu(4/4/2021).(*/Ela)

Baca Juga

BPBD Kota Padang mencatat adanya 12 titik pohon tumbang akibat hujan deras disertai dengan angin kencang terjadi pada Jumat (21/6/2024) sore.
Hujan Deras Disertai Angin Kencang, BPBD Catat 12 Pohon Tumbang di Padang
Tujuh Pohon Tumbang di Padang
Tujuh Pohon Tumbang di Padang
Seorang turis asal Prancis berjenis kelamin laki-laki bernama Thuleau Aurore (29 tahun) meninggal usai ditimpa pohon tumbang di kamar
WN Prancis Meninggal Tertimpa Pohon Tumbang di Padang
Team Miminku dan Rudi Maulana
Agensi Digital Marketing Miminku.id Pertama di Sumatera, Inovasi Pemberdayaan Perempuan Asal Payakumbuh
Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Joben mengatakan, pada Idul Adha 1444 H ini, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih
Pemko Payakumbuh Gelar Salat Idulfitri 1445 H di Halaman Balai Kota
Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat untuk menghindari berbagai jenis sogokan dalam pemilihan calon kepala daerah. Menurutnya Kota
Ketua DPRD Sumbar Ajak Warga Payakumbuh Bijak dalam Menentukan Sikap dalam Pilkada