Ambulans Pemko Padang di Palestina, Mahyeldi Cerita Hubungan Sister City Keduanya

ambulans palestina

Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Wagub Audy Joinaldy diwawancari wartawan. (Foto: Diskominfo Sumbar)

Langgam.id - Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menanggapi viralnya foto ambulans berlogo Pemko Padang yang sedang mengevakuasi korban di Gaza, Palestina.

Mahyeldi mengatakan, ambulans itu merupakan sumbangan warga Kota Padang kepada warga Gaza yang disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) pada tahun lalu.

Dikatakannya, Kota Padang memang menjalin kerja sama kota kembar (sister city) dengan Kota Beit Lahia yang berada di utara Jalur Gaza. Kerja sama terjalin setelah Wali Kota Beit Lahia memberikan bantuan kepada korban bencana gempa Padang pada 2009.

"Karena itu sampai sekarang kita donasikan dana untuk Palestina," kata Mahyeldi, seperti dilansir dari Tempo.co, Jumat (21/5/2021).

Saat masih menjabat Wali Kota Padang, Mahyeldi mengungkapkan bahwa pemko memiliki dana cadangan untuk Palestina dan dunia Islam. Dari dana itu lah, Pemko Padang dapat memberikan beasiswa bagi anak-anak Palestina di daerah konflik untuk berkuliah di Sumbar.

Baca juga: ACT Akui Warga Padang Sering Salurkan Bantuan untuk Palestina

Sebelumnya diberitakan, Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ibnu Khajar mengatakan sumbangan warga Kota Padang melalui pemerintah daerah yang disalurkan via lembaganya untuk rakyat Palestina bukan hanya pemberian ambulans.

"Pada 2019 lalu pemerintah kota Padang juga menyalurkan donasi sebesar Rp 100 juta untuk memberikan layanan medis bagi warga Palestina," kata Khajar.

Tidak hanya itu, kata Khajar, saat ini Pemerintah Kota Padang dan ACT Sumatra Barat menginisiasi program seribu kursi roda untuk Palestina. Bantuan kursi roda ini akan diberikan kepada masyarakat Palestina yang difabel akibat serangan Israel.(Tempo/Ela)

Baca Juga

Pilgub Sumbar 2024: Mahyeldi Teratas di 4 Lembaga Survei, Epyardi Melejit
Pilgub Sumbar 2024: Mahyeldi Teratas di 4 Lembaga Survei, Epyardi Melejit
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, akan segera menetapkan Tim Verifikasi Tanah terkait Proyek KPBU Fly Over Sitinjau Lauik
Kepuasan Masyarakat Capai 82,4 Persen di Survei Katadata, Begini Respons Mahyeldi
Pemprov Sumbar mengundang perwakilan dari lima kementerian untuk rapat bersama guna membahas sejumlah permasalahan Mentawai
PSU DPD RI di Sumbar, Mahyeldi: Pemprov Siap Sukseskan Pelaksanaan
Survei Katadata: Mahyeldi Unggul di Pilgub Sumbar 2024
Survei Katadata: Mahyeldi Unggul di Pilgub Sumbar 2024
Mahyeldi Bantu Promosi UMKM Gratis Lewat Akun IG Pribadinya
Mahyeldi Bantu Promosi UMKM Gratis Lewat Akun IG Pribadinya
Proses PPDB Online, Mahyeldi Ingatkan Harus Objektif, Transparan dan Akuntabel
Proses PPDB Online, Mahyeldi Ingatkan Harus Objektif, Transparan dan Akuntabel