Agung Fainendo, Penyandang Disabilitas Netra Pertama Raih Gelar Doktor UIN IB Padang

Agung Fainendo, Penyandang Disabilitas Netra Pertama Raih Gelar Doktor UIN IB Padang

Dr. Agung Fainendo, SSos.I. Mpd saat ujian terbuka doktor di UIN Imam Bonjol Padang. (Foto: Humas UIN IB Padang)

Langgam.id - Menjadi penyandang disabilitas netra, tak menghalangi langkah Agung Fainendo meraih gelar doktor di Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol, Padang.

Agung resmi menyandang gelar doktor setelah lulus dalam ujian terbuka di Aula Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Jumat (13/01/2023). Situs resmi UIN Imam Bonjol merilis, ia merupakan penyandang disabilitas netra pertama yang meraih gelar doktor dari kampus itu.

Pria dengan nama dan gelar lengkap Dr. Agung Fainendo, SSos.I. Mpd itu, menulis disertasi berjudul Manajemen Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Pembelajaran PAI di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Payakumbuh.

Menurutnya, agar dapat berkembang dan berhasil, anak berkebutuhan khusus membutuhkan empat poin penting. Yakni, dukungan orangtua, penerimaan keberadaan mereka di lingkungan, pendekatan dari lembaga pendidikan formal, dan pendekatan agama atau tauhid.

Baca Juga: Wisuda Angkatan ke 88, UIN Imam Bonjol Lepas 1.524 Wisudawan

Tujuh guru besar dan dosen menjadi penguji disertasi itu. Mereka adalah Prof. Dr. Firdaus, MAg, (ketua sidang), Dr. Muhammad Zalnur, MAg (sekretaris), Prof. Sufyarma Marsidin, MPd, Prof. Dr. Ahmad Sabri, M.Pd, Dr. Besral, MPd, Prof. Dr. Syafruddin Nurdin, MPd dan Prof. Dr. Zulmuqim, MA.

Sewaktu menjawab pertanyaan dari tim penguji Agung Fainendo mengemukakan keinginannya yang kuat untuk penjadi Doktor Pendidikan bagi kaum disabilitas.

“Semoga dengan adanya disertasi ini akan menjadi Langkah awal untuk menggerakkan dan meningkatkan kualitas Pendidikan untuk anak-anak disabilitas,” tuturnya.

Direktur Pascasarajana sekaligus ketua sidang, Prof. Dr. Firdaus, M.Ag., mewakili tim penguji memberikan pujian kepada Agung Fainendo yang telah berhasil menjawab setiap pertanyaan dari penguji dengan sangat brillian.

Agung merupakan anak kedua dari dua bersaudara, pasangan suami istri Faisal Bukhari S.H, M.H dan Ir. Nin Patri Enati M.P. (*/SS)

Baca Juga

Delapan orang pegawai Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang dilantik sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
Delapan Pegawai UIN Imam Bonjol Padang Dilantik Sebagai PPPK
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar halal bi halal usai cuti bersama Idul Fitri 1445 H di Gedung J kampus III UIN IB,
Jalin Silaturahmi, UIN Imam Bonjol Padang Adakan Halal bi Halal
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang memperpanjang pendaftaran wisuda ke-91 tahun 2024. Hal itu diketahui dari postingan
Pendaftaran Wisuda ke-91 Tahun 2024 UIN Imam Bonjol Padang Diperpanjang
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang membuka pendaftaran wisuda ke-91 tahun 2024 untuk program diploma, program sarjana, program
UIN Imam Bonjol Padang Buka Pendaftaran Wisuda ke-91 pada 26-30 Maret 2024
Kemenkeu Goes To Campus dilaksanakan di Ruang Aula Gedung Kuliah Bersama Kampus III UIN Imam Bonjol Padang, Selasa (5/3/2024).
Kemenkeu Goes to Campus 2024 Digelar di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
UIN Imam Bonjol Padang berhasil meraih predikat sebagai salah satu kampus keagamaan Islam terbaik di Indonesia. Berdasarkan SPAN-PTKIN
UIN Imam Bonjol Padang Peringkat Keempat dengan Pendaftar Terbanyak di SPAN PTKIN