Agar Tak Berdampak Negatif, Kenali Tanda-tanda Overthinking

Agar Tak Berdampak Negatif, Kenali Tanda-tanda Overthinking

Ilustrasi. (Foto: pixabay)

Langgam.id - Overthinking atau berpikir berlebihan adalah ketika seseorang terlalu banyak memikirkan sesuatu, yang bisa berdampak negatif pada kesejahteraan mental dan emosional mereka. Banyak orang mungkin mengalami hal ini pada suatu saat, jadi penting untuk mengenali gejalanya agar dapat diatasi dengan lebih baik.

Dilansir dari halodoc.com Rabh (4/10/2023) ada beberapa tanda overthinking yang perlu diketahui, salah satu indikator utama overthinking adalah kegagalan untuk menghentikan pikiran yang terus berputar.

Orang yang mengalami hal ini merasa kesulitan mengendalikan pikiran mereka, terjebak dalam siklus tanpa ujung, dan menjadi kecanduan bahkan ketika pikiran tersebut tidak relevan dengan situasi saat ini.

Selain itu, mereka cenderung mengulangi peristiwa masa lalu, terus-menerus memikirkan apa yang bisa mereka lakukan atau hindari untuk mengubah hasilnya, yang mengakibatkan perasaan bersalah dan menyalahkan diri sendiri.

Gejala overthinking lainnya adalah kecenderungan untuk menciptakan skenario buruk dalam pikiran mereka, selalu khawatir tentang kemungkinan-kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi, yang sering kali membawa ketakutan dan kecemasan yang tidak perlu.

Overthinking juga dapat menyebabkan kesulitan dalam mengambil keputusan karena mereka terjebak dalam analisis yang berlebihan dan takut membuat kesalahan. Akibatnya, mereka cenderung menjadi buntu dalam mengambil tindakan.

Terakhir, overthinking dapat menyebabkan kelelahan dan stres yang berlebihan karena pikiran yang terus-menerus bekerja secara berlebihan, sehingga mempengaruhi kesehatan mental dan fisik.

Namun, dengan kesadaran dan upaya yang tepat, seseorang dapat mengatasi gejala overthinking. Penting untuk menjaga keseimbangan pikiran agar tetap sehat dan bahagia serta memberikan perhatian khusus pada kesehatan mental. (Indah Wulan Sari/Fs)

Tag:

Baca Juga

Sekda Dharmasraya, Adlisman menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah turut membantu kesuksesan penyelenggaraan kegiatan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445
Kegiatan Ramadan Berjalan Sukses, Sekda Dharmasraya Ucapkan Terima Kasih
Dua pelaku pencurian yang pada medio Maret 2024 lalu berhasil ditangkap Sat Reskrim Polres Payakumbuh pada Senin (15/4/2024) sekitar pukul
Kupak Rumah Warga, Dua Pria Diringkus Polres Payakumbuh
Sekda Dharmasraya, Adlisman mengatakan akan menindak tegas PNS yang tidak mengikuti Apel Gabungan ataupun tidak masuk di hari pertama kerja.
Pemkab Dharmasraya Tindak Tegas PNS yang Tak Hadir di Hari Pertama Kerja Pascalebaran
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD Pemprov Sumatra Barat usai libur Lebaran 1445
Pascalibur Lebaran, Tingkat Kehadiran Pegawai Pemprov Sumbar 98 Persen
BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Padang Pariaman, memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan di Sumatra Barat akan diwarnai
BMKG Prakirakan Sumbar Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir Sepekan ke Depan
Gubernur Sumbar: Berdayakan Potensi Daerah untuk Mencegah Stunting
Dua Ribu Anak di Padang Terindikasi Stunting