ACT dan Pemko Padang Bantu Bangun 8 Unit Rumah Warga Minang Korban Tsunami Lampung

ACT dan Pemko Padang Bantu Bangun 8 Unit Rumah Warga Minang Korban Tsunami Lampung

Wali Kota Padang menyerahkan bantuan kepada warga Minang yang terdampak tsunami di Lampung (ist)

Langgam.id - Pembangunan 8 unit rumah warga Minang korban tsunami di Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung dibantu pemerintah Kota Padang. Bantuan juga bersumber dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Baznas Kota Padang.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, bencana serupa juga dirasakan masyarakat Padang di akhir September 2009 silam. Lebih dari 400.000 unit rumah rusak dan merenggut 1.200 nyawa.

“Perhatian masyarakat Indonesia dan dunia membuat kedermawanan masyarakat Padang terus meningkat hingga saat ini,” katanya lewat keterangan tertulis, Jumat (25/10/2019).

Menurut Mahyeldi, masyarakat Padang cepat merespon kejadian bencana alam dengan kegiatan penggalangan dana. Baik di Indonesia maupun negara di belahan dunia lainnya.

“Setiap lebaran semua masjid-masjid menggalang dana untuk bantuan dunia Islam dan bantuan bencana,” jelasnya.

“Bantuan pembangunan rumah ini kerjasama Pemko Padang dengan ACT Sumbar, ACT Lampung dan Baznas Kota Padang,” sambungnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Priyanto Putro mengatakan, kejadian tsunami yang menerjang kawasan pesisir Kecamatan Rajabasa disebabkan longsoran bawah laut Anak Gunung Krakatau.

“Saat ini, masih ada 6 warga yang dalam perawata. Jumlah rumah rusak berat dan hancur mencapai 532 unit, rusak ringan dan sedang 817 unit,” katanya. (Rahmadi/RC)

Tag:

Baca Juga

Bupati Pesisir Selatan Berikan Diskon 50% Tagihan Air Bagi Korban Bencana Banjir dan Tanah Longsor
Bupati Pesisir Selatan Berikan Diskon 50% Tagihan Air Bagi Korban Bencana Banjir dan Tanah Longsor
Sejumlah pemerintah daerah (pemda) di Indonesia diundang oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI untuk menerima piagam
Diundang Terima Penghargaan di Hari Otda, Pemkab Dharmasraya Satu-satunya dari Sumbar
elompok terbang (kloter) pertama jemaah haji Embarkasi Padang direncanakan akan berangkat ke Tanah Suci pada 12 Mei 2024 mendatang.
Manasik Haji di Padang Digelar 18-25 April 2024
Forum Terbuka Penyajian Kertas Kerja Bakal Calon (Balon) Rektor Universitas Negeri Padang periode 2024-2029 dilaksanakan di Auditorium UNP,
4 Guru Besar Bedah Visi dan Misi 11 Bakal Calon Rektor UNP
Gempa dengan magnitudo 4,6 mengguncang Air Haji, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) pada Senin (22/4/2024) sekitar pukul
Gempa M4,6 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Lokal
PNM Salurkan 2.000 Paket Sembako untuk Korban Banjir di Pesisir Selatan
PNM Salurkan 2.000 Paket Sembako untuk Korban Banjir di Pesisir Selatan