Kemenhub Kaji Reaktifasi Jalur Kereta Api Padang Panjang-Sawahlunto

Langgam.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan kajian soal rencana pengaktifan kembali atau reaktifasi jalur kereta api Padang Panjang-Sawahlunto. Kajian itu diperlukan karena jalur itu sudah lama tidak digunakan.

"Tidak mudah untuk mengaktifkan jalur KA yang telah lama tidak aktif. Banyak kajian yang harus kita lakukan," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulmafendi.

Zulmafendi sudah datang langsung melihat kondisi rel di dan mengunjungi Stasiun Kereta Api Padang Panjang pada Jumat (29/1/2021). Menurutnya peluang jalur Padang Panjang-Sawahlunto lebih besar dibanding jalur Padang Panjang-Kayu Tanam.

Baca juga: Sumbar Usulkan Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik ke Pemerintah Pusat

Dia menyebut, pengerjaan lokomotif di jalur Padang Panjang-Sawahluntu jauh lebih ringan. Sedangkan jalur Padang Panjang-Kayu Tanam memiliki elevasi tanjakan dan sarana lokomotifnya sulit didapatkan.

“Untuk jalur Padang Panjang dan Sawahlunto, kita hanya butuh lokomotif sekitar dua. Ini bisa diusahakan," sebutnya.

Sebelumnya, Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran mengikuti pertemuan di Aula Kemenhub, Jakarta pada 14 Januari lalu. Dalam pertemuan itu Fadly memaparkan potensi wisata di Stasiun Kereta Api Padang Panjang yang akhirnya direspons Kemenhub. (*ABW)

Baca Juga

Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Harga bawang merah di Padang Panjang turun pada minggu pertama Mei ini. Harga bawang turun dari dari Rp52.167 per kg menjadi Rp51.000/kg.
Pasokan Bertambah, Harga Bawang Merah di Padang Panjang Turun
Bagi masyarakat Padang Panjang yang memiliki hewan peliharaan dengan penular rabies seperti kucing, anjing dan kera, bisa mengikuti vaksinasi massal rabies yang dimulai Senin
Vaksinasi Massal Rabies Gratis Digelar di Padang Panjang Mulai 6 Mei
Sebanyak 65 pelajar terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Padang Panjang 2024. Sebelumnya ada 207
65 Pelajar Terpilih Jadi Anggota Paskibraka Padang Panjang 2024
Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui pintu masuk Bandara Internasional Minangkabau pada Maret 2024
Kemenhub Tetapkan 17 Bandara Internasional, Salah Satunya BIM
Jalur Padang Panjang-Bukittinggi tidak bisa dilewati kendaraan akibat banjir lahar dingin yang terjadi di Aia Angek, Kecamatan X Koto,
Banjir Lahar Dingin Tutup Badan Jalan, Jalur Padang Panjang-Bukittinggi Tak Bisa Dilewati