Siaga Bencana, Kodim 0310 SS Siap Bantu Pemda

Siaga Bencana, Kodim 0310 SS Siap Bantu Pemda

Kodim 0310 SS (Sawahlunto dan Sijunjung) menggelar latihan posko I tahun 2019 (ist)

Langgam.id - Komando Distrik Militer (Kodim) 0310 SS (Sawahlunto dan Sijunjung) menggelar latihan posko I tahun 2019. Kegiatan yang berlangsung di Mako Kodim 0310 SS, Rabu (19/06/2019) ini untuk menyiapkan kekuatan personel TNI dalam penanganan bencana alam.

Kasi Ops Rem 032 Wirabraja Kolonel Inf Sugiyono mengatakan, latihan merupakan metode taktis tanpa pasukan. Tujuannya untuk meningkatkan prosedur hubungan komandan maupun staf dalam merencanakan kerja.

"Mempersiapkan pelaksanaan operasi bantuan penanggulangan bencana alam. Untuk pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan," kata Sugiyono selaku Kepala Pengawasan Pengendalian Latihan (Kawasdal latihan) Posko I.

Sementara itu, Komandan Kodim (Kodim) 0310/SS Letkol Inf Dwi Putranto mengatakan, kegiatan ini melibatkan instansi yang terkait dengan kebencanaan. Latihan ini diharapkan mampu memantapkan tugas-tugas yang didapatkan dalam menanggapi, menangani dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat.

"Sehingga tidak berkembang menjadi kerawanan yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah bencana," ujar Dwi Putranto.

Dwi Putranto berharap latihan ini bisa mempersiapkan personel TNI jika sewaktu-waktu bencana alam datang. (*/Irwanda)

Baca Juga

IMBI Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang di Tanah Datar dan Agam
IMBI Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang di Tanah Datar dan Agam
Sebanyak 13 mahasiswa yang terdampak bencana alam banjir bandang di Agam menerima beasiswa pendidikan dari Yayasan Minang Diaspora.
Minang Diaspora Serahkan Beasiswa Bagi 13 Mahasiswa Terdampak Bencana di Agam
Sebanyak 25 unit hunian sementara untuk pengungsi banjir bandang di beberapa kecamatan di Tanah Datar akan dibangun oleh FRPB
25 Unit Hunian Sementara Dibangun untuk Warga Terdampak Banjir Bandang di Tanah Datar
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengunjungi dua Sekolah Dasar di Kabupaten Agam pada Jumat (24/5/2024). Sekolah tersebut yaitu SD 05
Wagub Sumbar Kunjungi Anak-anak Korban Bencana di Agam
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Presiden Joko Widodo (Jokowi)) memerintahkan Kementerian PUPR untuk menambah jumlah sabo dam di Sumatra Barat (Sumbar). Hal itu dilakukan untuk mencegah bencana banjir bandang
Butuh 56 Sabo Dam Atasi Banjir Lahar Dingin di Sumbar, Jokowi: Sekarang Baru Ada Dua