6 Satpam Curi Kabel di Komplek PT Semen Padang

6 Satpam Curi Kabel di Komplek PT Semen Padang

Ilustrasi - kabel PLN (Foto: pixabay.com)

Langgam.id - Kepolisian mengungkap kasus pencurian kabel di Indarung I Komplek PT Semen Padang, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar). Para pelaku yang berjumlah enam orang itu tak lain merupakan petugas keamanan di lingkungan perusahaan tersebut.

Mereka diamankan di kantor Biro keamanan PT Semen Padang, setelah dilakukan penyelidikan unit intel dan opsnal Polsek Lubuk Kilangan bekerjasama dengan Kepala Biro Pengamanan PT Semen Padang.

Menurut Kapolsek Lubuk Kilangan, AKP Edriyan Wiguna, para pelaku diringkus pada Senin (21/12/2020). Awalnya, diamankan lima orang pelaku sekitar pukul 14.00 WIB.

"Setelah melakukan pengembangan, satu orang pelaku lagi akhirnya berhasil ditangkap pukul 21.30 WIB," kata Edriyan kepada wartawan, Rabu (23/12/2020).

Identitas para pelaku masing-masing berinisial J (38), AR (26), M (47), Ms (25), OO (40) dan RA (27). Mereka diketahui melakukan pencurian kabel power kapasitor Mill Indarung I.

"Saat Kami datang ke lokasi, pelaku telah dikumpulkan oleh Kabiro. Sementara anggota langsung membawa para pelaku ke Polsek untuk di mintai keterangan," jelasnya.

Baca juga: Dibolehkan Numpang Tidur, Wanita di Padang Malah Mencuri di Rumah Teman

Hasil interogasi pelaku mengakui perbuatan mereka dengan peran masing-masing dan mendapatkan imbalan Rp100 ribu hingga Rp150 ribu dari setiap hasil penjualan kabel yang dicuri.

"Pelaku ini telah beraksi di lima titik kabel power kapasitor dengan peran yang berbeda," ujarnya.

Edriyan mengungkapkan, pelaku M berperan memantau lokasi disaat rekannya yang lain beraksi memotong kabel. Sementara pelaku lainnya berperan memotong kabel yang kemudian dimasukkan kedalam mobil Toyota Kijang.

Menurut pengakuannya, mobil tersebut milik pelaku OO yang kemudian menjualnya ke tempat penjualan barang bekas di kawasan By Pass, Lubuk Begalung

Selain itu, dihadapan penyidik, 5 orang pelaku yang telah diamankan tersebut pun mengakui masih adanya satu orang pelaku lagi yang terlibat dalam pencurian tersebut. (Irwanda/ABW)

Baca Juga

Dua pelaku pencurian yang pada medio Maret 2024 lalu berhasil ditangkap Sat Reskrim Polres Payakumbuh pada Senin (15/4/2024) sekitar pukul
Kupak Rumah Warga, Dua Pria Diringkus Polres Payakumbuh
Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan bahwa operasional pabrik masih berjalan normal pasca
Pascaledakan, Operasional Pabrik PT Semen Padang Berjalan Normal
Ledakan terjadi di PT Semen Padang, tepatnya di Rawmil Indarung V pada Selasa (20/2/2024). Sebanyak empat orang mengalami luka bakar
Ledakan Terjadi di PT Semen Padang, 4 Orang Alami Luka Bakar
Komplotan pelaku pencurian motor yang kerap beraksi di kampus UNP berhasil ditangkap Tim Aligator Polsek Padang Utara.
Kerap Beraksi di Kampus UNP, Komplotan Pencuri Motor Ditangkap Polisi
Diduga melakukan pencurian uang di dalam kotak amal masjid, seorang pemuda berinisial AF (21) ditanglap Unit Reskrim Polsek Payakumbuh pada Selasa (30/1/2024)
Terekam CCTV, Pencuri Uang Kotal Amal Masjid di Limapuluh Kota Ditangkap
Seorang warga Kota Pekanbaru, Wir (48), kembali harus berurusan dengan pihak kepolisian terkait kasus tindak pidanan pencurian yang
Polres Payakumbuh Tangkap Residivis Spesialis Kupak Rumah