Padang Panjang Kehilangan Putra Terbaiknya

pejuang padang panjang

Sumber: Kominfo Padang Panjang

Langgam.id - Salah seorang putra terbaik Kota Padang Panjang yang merupakan veteran pejuang kemerdekaan RI, Ilyas Sutan Mudo berpulang ke Rahmatullah pada Sabtu (19/09/2020) pukul 02.30 WIB di kediamannya, di Kelurahan Pasar Usang - Kota Padang Panjang, dalam usia 93 tahun.

Sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasanya, almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kebun Sikolos, Kampung Manggis-Kota Padang Panjang.

Almarhum Ilyas St. Mudo lahir tahun 1927, beliau pada tahun 1943 hingga 1945 ikut berjuang bergabung dengan tentara Pembela Tanah Air (PETA), dan sejak 1945 hingga 1983 masuk menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Sebagai seorang anggota TNI, beliau menjalani tugas berpindah-pindah di berbagai wilayah di Tanah Air. Almarhum meninggalkan 10 orang anak (5 pria dan 5 perempuan), 36 orang cucu dan 22 orang cicit.

Menurut informasi yang dihimpun dari Rita Susanti, Bendahara Pepabri Padang Panjang, sebagaimana dicuplik dari Kominfo Padang Panjang, menyebutkan jika Almarhum adalah pengurus Legium Veteran RI Padang Panjang yang terakhir. Karena rekan-rekan almarhum di kepengurusan LVRI Padang Panjang lainnya telah wafat mendahului.

Untuk itu atas nama segenap jajaran Pemerintah Kota Padang Panjang mengucapkan turut berbelasungkawa atas meninggalnya Bapak Ilyas Sutan Mudo.

“Semoga almarhum diberikan husnul khatimah dan segala jada-jasanya diterima oleh Allah SWT sebagai amal ibadah,” ujar Walikota Padang Panjang Fadly Amran. (Osh)

Baca Juga

Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Harga bawang merah di Padang Panjang turun pada minggu pertama Mei ini. Harga bawang turun dari dari Rp52.167 per kg menjadi Rp51.000/kg.
Pasokan Bertambah, Harga Bawang Merah di Padang Panjang Turun
Bagi masyarakat Padang Panjang yang memiliki hewan peliharaan dengan penular rabies seperti kucing, anjing dan kera, bisa mengikuti vaksinasi massal rabies yang dimulai Senin
Vaksinasi Massal Rabies Gratis Digelar di Padang Panjang Mulai 6 Mei
Sebanyak 65 pelajar terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Padang Panjang 2024. Sebelumnya ada 207
65 Pelajar Terpilih Jadi Anggota Paskibraka Padang Panjang 2024
Jalur Padang Panjang-Bukittinggi tidak bisa dilewati kendaraan akibat banjir lahar dingin yang terjadi di Aia Angek, Kecamatan X Koto,
Banjir Lahar Dingin Tutup Badan Jalan, Jalur Padang Panjang-Bukittinggi Tak Bisa Dilewati
Harga sayur-sayuran di Kota Padang Panjang mengalami kenaikan akibat erupsi Gunung Marapi yang menyebabkan paparan abu vulkanik selama
Harga Sayuran di Padang Panjang Naik Akibat Dampak Abu Vulkanik Gunung Marapi