Gempa Darat 4,5 M di Padang Panjang Akibat Akitivitas Sesar Sianok

Langgam.id- Gempa tektonik bermagnitudo 4,5 mengguncang Padang Panjang dan sejumlah daerah lainnya di Sumatra Barat, Senin (30/06/2020) pukul 00.40 WIB.

Baca juga: Gempa Darat 4,5 Magnitudo Guncang Padang Panjang

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang melaporkan gempa terletak di koordinat 0.40 Lintang Selatan dan 100.42 Bujur Timur.

Pusat gempa tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 kilometer arah Timur Laut Padang Panjang, pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang Irwan Slamet mengatakan, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa dangkal ini terjadi akibat adanya aktivitas sesar Sianok.

"Gempa dirasakan di daerah Padang Panjang dengan III-IV MMI, Kota Bukittinggi dan Agam II-III MMI dan Padang, Padang Pariaman dan Pariamn I-II MMI," ujarnya.

Kata dia, gempa ini tidam berpoteni tsunami. Hingga kini juga belum ada laporan kerusalan akibat guncangan gempa.

Baca juga: 94 Tahun Gempa Padang Panjang, Hentakan Mematikan di Hari Pekan

Masyarakat diimbau tetap tenang dan jangam terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG. (SRP)

Baca Juga

Sebanyak 65 pelajar terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Padang Panjang 2024. Sebelumnya ada 207
65 Pelajar Terpilih Jadi Anggota Paskibraka Padang Panjang 2024
Padang Punya Sejumlah Strategi Mitigasi Gempa dan Tsunami
Padang Punya Sejumlah Strategi Mitigasi Gempa dan Tsunami
Simulasi Gempa dan Tsunami di Padang Diikuti 800 Siswa Lebih
Simulasi Gempa dan Tsunami di Padang Diikuti 800 Siswa Lebih
Selama periode 19-25 April 2024, terdapat 12 kali gempa terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya. Di periode ini, terdapat
12 Kali Gempa Terjadi di Sumbar Periode 19-25 April 2024, Satu Dirasakan Warga
Gempa dengan magnitudo 4,6 mengguncang Air Haji, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) pada Senin (22/4/2024) sekitar pukul
Gempa M4,6 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Lokal
Jalur Padang Panjang-Bukittinggi tidak bisa dilewati kendaraan akibat banjir lahar dingin yang terjadi di Aia Angek, Kecamatan X Koto,
Banjir Lahar Dingin Tutup Badan Jalan, Jalur Padang Panjang-Bukittinggi Tak Bisa Dilewati