Hujan Disertai Angin Kencang Landa Padang, Pohon Tumbang Tutup Bahu Jalan

Sebuah pohon trambesi tumbang di Jalan Anak Air, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, pada Sabtu (12/10/2024)

TRC BPBD Kota Padang dibantu oleh warga membersihkan pohon tumbang yang mengganggu akses jalan di Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah. [foto: Diskominfo Padang]

Langgam.id - Sebuah pohon trambesi tumbang di Jalan Anak Air, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, pada Sabtu (12/10/2024) sekitar pukul 15.40 WIB.

Pohon dengan diameter sekitar 50 cm dan panjang lebih kurang 15 meter tersebut tumbang disebabkan karena hujan yang disertai angin kencang yang melanda Kota Padang.

Pohon tersebut tumbang menutup bahu jalan dan menghambat arus lalu lintas. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Padang dibantu oleh warga setempat langsung membersihkan pohon tumbang yang mengganggu akses jalan tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Al Banna mengungkapkan bahwa kejadian ini merupakan dampak dari hujan lebat dan angin kencang yang mengguyur wilayah Kota Padang.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya yang dapat timbul, khususnya di sekitar pepohonan besar yang rentan tumbang saat cuaca ekstrem," ujar Al Bana dalam keterangannya.

Al Banna mengatakan bahwa pihaknya terus mengantisipasi dan memonitor wilayah-wilayah yang berisiko, terutama saat cuaca buruk seperti ini.

"TRC BPBD Kota Padang siap merespons setiap laporan dari masyarakat dengan cepat," ucapnya.

Demi keselamatan diri, Al Banna menyarankan agar warga menghindari berteduh di bawah pohon atau papan reklame saat terjadi hujan deras dan angin kencang.

Selain itu, ia mengajak seluruh warga untuk bersama-sama menjaga lingkungan dengan memangkas atau melaporkan pohon-pohon yang terlihat berpotensi tumbang.

"Tindakan preventif ini sangat penting untuk mengurangi risiko kejadian serupa di masa depan," tuturnya. (*/yki)

Baca Juga

BMKG menyebutkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi akan melanda beberapa wilayah di Sumbar dalam tiga hari ke depan.
BMKG: Sumbar Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Sampai 3 Hari ke Depan
Intensitas hujan yang tinggi pada Jumat (4/10/2024) menyebabkan banjir di beberapa wilayah di Sumatra Barat, terutama di Agam, Padang Pariaman
Banjir Terjang Tiga Kabupaten di Sumbar, Ratusan Warga Mengungsi
Kota Padang kembali diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi sejak pukul 17.30 WIB, Jumat (4/10/2024). Kondisi cuaca ini menimbulkan potensi genangan air, banjir,
Hujan Lebat dan Angin Kencang Landa Padang, BPBD Imbau Warga Waspada
Hujan disertai angin kencang yang melanda Kota Padang pada Senin (9/9/2024), menyebabkan pohon tumbang di Kecamatan Padang Selatan.
Pohon Tumbang Timpa 3 Rumah dan Kabel Listrik di Padang, 1 Warga Terluka
Hujan dan angin kencang yang melanda Kota Padang, menyebabkan terjadinya pohon tumbang menimpa mobil, kabel listik dan Telkom.
Akibat Hujan Disertai Angin, Pohon Tumbang Timpa Mobil di Depan TPU Tunggul Hitam
BPBD Kota Padang mencatat adanya 12 titik pohon tumbang akibat hujan deras disertai dengan angin kencang terjadi pada Jumat (21/6/2024) sore.
Hujan Deras Disertai Angin Kencang, BPBD Catat 12 Pohon Tumbang di Padang