Raih Nilai Terbaik, 3 Nagari di Sumbar Masuk 10 Besar Anugerah KIP Desa 2024

Langgam.id - Tiga nagari di Sumatra Barat (Sumbar) masuk 10 besar Anugerah Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa tahun 2024.

Ketiga nagari tersebut adalah Nagari III Koto Aua Malintang (Kategori Maju), Nagari Malampah Barat (Kategori Tertinggal), dan Nagari Simalanggang (Kategori Berkembang) . Ketiga nagari itu masuk dalam 10 besar dengan nilai tertinggi pada tahap pengisian kuisioner (SAQ).

Komisi Informasi Pusat mengumumkan hasil penilaian tersebut dalam surat nomor 846/KIP/IX/2024, yang memuat daftar desa terbaik dalam kategori Desa Maju, Berkembang, dan Tertinggal.

"Alhamdulillah, tiga nagari yang kita rekomendasikan berhasil masuk 10 besar dengan nilai terbaik pada tahap SAQ Anugerah Apresiasi Desa KIP 2024," ungkap Koordinator Apresiasi KIP Desa 2024 KI Sumbar, Mona Sisca dilansir dari infopublik.id, Sabtu (21/9/2024).

Masuknya tiga nagari di Sumbar dalam 10 besar Anugerah KIP Desa 2024 terang Mona Sisca, berkat semangat luar biasa dari wali nagari, perangkat nagari, serta dukungan penuh dari Komisi Informasi Sumbar, Dinas PMD, dan Dinas Kominfo.

Wakil Ketua Komisi Informasi Sumbar, Tanti Endang Lestari, juga mengungkapkan rasa syukurnya.

"Ini pertama kalinya tiga kategori sekaligus dari Sumbar bisa masuk 10 besar dan langsung divisitasi oleh KI Pusat," ujarnya.

Ia pun mengajak seluruh wali nagari dan stakeholder terkait untuk berupaya maksimal dalam mengimplementasikan UU Nomor 14 Tahun 2008 sebelum tim visitasi dari KI Pusat berkunjung.

Visitasi dari Komisi Informasi Pusat dijadwalkan berlangsung pada 10-13 Oktober 2024. Sedangkan pengumuman pemenang akan dilakukan pada akhir Oktober 2024. (*/yki)

Baca Juga

Nagari Aie Angek, Kabupaten Sijunjung, resmi meluncurkan logonya sebagai bagian dari identitas nagari tersebut pada Rabu (24/7/2024) lalu.
Mahasiswa KKN UNP Ciptakan Logo untuk Nagari Aie Angek Sijunjung
Langgam.id - Pemekaran nagari di Sumbar tak hanya berampak terhadap banyaknya anggaran dari pusat yang akan digelontorkan melalui Dana Desa.
Tak Hanya Tarik Anggaran Lebih Banyak, Pemekaran Nagari Juga Kurangi Angka Pengangguran
Langgam.id - Sumatra Barat (Sumbar) kini resmi memiliki 1.035 nagari atau di desa yang tersebar di 12 kabupaten dan dua kota.
Sumbar Kini Miliki 1.035 Nagari, Bisa Tarik Anggaran Rp828 Miliar dari Pusat
Langgam.id -DPRD Sumbar mengesahkan Perda Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dalam sidang paripurna, Selasa (19/7/2022).
Sah, Sumbar Resmi Miliki Perda Keterbukaan Informasi Publik
Dharmasraya Bertekad Raih Supremasi Keterbukaan Informasi Publik
Dharmasraya Bertekad Raih Supremasi Keterbukaan Informasi Publik
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah penduduk Sumatra Barat (Sumbar) pada 2023 lalu sebanyak 5.757.205 jiwa. Jumlah ini mengalami
3 Desa/Nagari di Sumbar Berstatus Sangat Tertinggal, 35 Tertinggal