Pembangunan Pasar Fase VII Kini Sudah 97 Persen, Andre Rosiade: Terima Kasih Pak Mendag

Pembangunan Pasar Fase VII Pasar Raya Padang kini pengerjaannya sudah mencapai 97 persen dari awal peletakan batu pertama

Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade. [foto: Ist]

InfoLanggam - Pembangunan Pasar Fase VII Pasar Raya Padang kini pengerjaannya sudah mencapai 97 persen dari awal peletakan batu pertama pada Rabu (20/9/2023) lalu.

Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade pun mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perdagangan terkait pembangunan Pasar Fase VII Pasar Raya Padang ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Menteri Perdagangan. Berkat bantuan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) kepada kami di Sumbar, pembangunan ini berjalan dengan lancar,” ucap Andre Rosiade saat rapat bersama jajaran Kemendag di Gedung DPR RI, Kamis (12/9/2024).

Pertama, kata Andre, untuk rekomendasi teknis yang diusulkan dari Kemendag sudah terwujud. Dimana, Pasar Raya Padang Fase VII melalui anggaran Kemen PUPR, sudah hampir selesai sekitar 97 persen dengan nilai anggaran Rp103 miliar.

“Itu adalah kolaborasi saya dengan Wali Kota Padang Hendri Septa, kader bapak. Itu sudah kita wujudkan, mudah-mudahan di penghujung jabatan pak Jokowi, bisa diresmikan di Kota Padang,” beber Andre.

Kemudian, dia juga mendapatkan rekomendasi bantuan pembangunan untuk lima pasar lain yakni di Pesisir Selatan, Dharmasraya, Sijunjung dan dua pasar di Kota Padang (Pasar Belimbing dan Pasar Ulak Karang).

“Terima kasih kepada kemendag yang telah membantu Sumbar, tepatnya di daerah pemilihan kami agar ekonominya bisa terus bergerak. Mudah-mudahan setelah ini, kita bisa lanjutkan rekomendasi teknis di Padang mulai dari Pasar Raya Fase I hingga Fase VI,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, tahun 2009, gedung pasar ini rusak akibat gempa bumi yang melanda Kota Padang pada tahun 2009. Pemko Padang telah melakukan upaya perbaikan terhadap sarana dan prasarana bangunan, agar pedagang di lantai 1 tetap berjualan.

Serta upaya kerja sama investasi dengan pihak swasta, namun tidak dilanjutkan karena ada penolakan pedagang terhadap rencana pembangunan kembali oleh investor.

Gedung Pasar Raya Padang Fase VII ini terdiri dari 2 lantai. Dimana lantai 1 dihuni pedagang ritel dan pedagang kebutuhan primer. Sementara lantai 2 merupakan departmen store kerja sama Pemko Padang dengan pihak swasta.

Pada tahun 2021, anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade mengajukan usulan pembangunan Fase VII melalui dana APBN dan terealisasi pada tahun 2023.

Andre menyebut, pembangunan Pasar Fase VII berawal dari dirinya yang mendapatkan aspirasi dari KPP dan para pedagang. Pembangunan Pasar Raya Fase VII menelan anggaran sebesar Rp103 miliar lebih.

Dilaksanakan dengan mekanisme kontrak tahun jamak 2023-2024, dengan waktu pelaksanaan selama 360 hari kalender dan ditargetkan selesai pada Juli 2024. Pasar Raya Fase VII dapat menampung 1.143 pedagang. (*)

Baca Juga

Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengatakan bahwa program-program yang dilaksanakan Kemenkop UKM disusun agar pelaku UMKM
Andre Rosiade Sebut Program Kemenkop UKM Disusun Agar UMKM Naik Kelas dan Berkembang
PT Pertamina (Persero) akan membangun gedung serba guna sebagai pendukung kegiatan akademik dan non akademik untuk Unand
Pertamina Bakal Bangun Gedung Serba Guna untuk Unand, Andre Rosiade: Tim Sudah Survei
Pelatih kepala Semen Padang FC, Hendri Susilo, dikabarkan dicopot dari jabatannya menyusul kekalahan tim atas Malut United dengan skor 2-1
Andre Rosiade: Hendri Susilo Out, Semen Padang Segera Tunjuk Pelatih Baru
Ketua DPD Partai Gerindra Sumatra Barat (Sumbar) Andre Rosiade mendampingi calon Bupati dan Wakil Bupati Solok Jon Firman Pandu (JFP)-Candra
Andre Rosiade: JFP-Candra Paslon Kepala Daerah Pilihan Prabowo untuk Kabupaten Solok
Anggota DPR RI Andre Rosiade memfasilitasi audiensi antara Rektor Universitas Andalas (Unand) Efa Yonnedi dengan Menteri BUMN
Andre Rosiade Fasilitasi Pertemuan Rektor Unand dengan Menteri BUMN
Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade mengantarkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana-Suryadi
Dinilai Cocok Memimpin Kota Solok, Andre Rosiade: Ramadhani-Suryadi Insya Allah Menang