Jalan Lintas Riau-Sumbar yang Amblas Proses Perbaikan, BPJN Terapkan Sistem Buka Tutup

Perbaikan ruas Jalan Lintas Provinsi Riau-Sumbar yang terdampak longsor di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kampar,

Proses perbaikan ruas Jalan Lintas Provinsi Riau-Sumbar yang amblas di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. [foto: infopublik.id]

Langgam.id - Perbaikan ruas Jalan Lintas Provinsi Riau-Sumatra Barat (Sumbar) yang terdampak longsor di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, terus dipercepat oleh tim dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN).

Dalam proses perbaikan ruas Jalan Lintas Riau-Sumbar ini, diberlakukan pembatasan kendaraan yang melintas.

Kepala BPJN Riau, Yohanis Tulak Todingrara mengatakan bahwa lokasi longsor tersebut sudah masuk dalam rencana penanganan pihaknya untuk tahun ini.

"Penanganan longsor di lokasi ini sudah terkontrak tahun ini. Saat ini, lalu lintas diatur dengan sistem buka tutup dan pembatasan kendaraan. Namun, kendaraan pribadi dan yang tidak bermuatan masih bisa melintas," ujar Yohanis dilansir dari infopublik.id, Rabu (21/8/2024).

Dari hasil analisa tim terang Yohanis, longsor terjadi akibat tingginya curah hujan yang menyebabkan banjir di sisi kanan jalan. Gorong-gorong yang ada tidak mampu menampung debit air yang melintasi jalan menuju sisi kiri, sehingga tanah di bawah jalan menjadi lemah dan jalan pun amblas.

"Akibat curah hujan yang tinggi, tanah di bawah jalan menjadi lemah, menyebabkan jalan tergerus dan akhirnya amblas," bebernya.

Yohanis menyebutkan, penanganan permanen di lokasi ini membutuhkan waktu dan akan didesain ulang untuk memastikan perbaikan yang lebih kuat.

"Kami menargetkan penanganan permanen selesai dalam waktu 1,5 hingga 2 bulan. Namun, saat ini fokus utama kami adalah membuat jalan tersebut fungsional terlebih dahulu," tuturnya. (*/yki)

Baca Juga

Jalur Padang Panjang-Bukittinggi tepatnya di Kelok Hantu di Nagari Aie Angek, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) amblas. Sebelumnya, ruas jalan di kawasan
Jalur Padang Panjang-Bukittinggi Buka Tutup di Aia Angek Akibat Jalan Amblas
Jalan amblas padang pariaman
Jalur Utama Padang-Bukittinggi Amblas, Polisi Terapkan Sistem Buka Tutup
ilustrasi longsor
Jalan Penghubung Tapan-Kerinci Amblas akibat Abrasi Sungai
Jalan amblas
2 Alat Berat Dikerahkan Tangani Amblasnya Jalur Sumbar-Sumut di Agam
Jalan amblas
Jalan Penghubung Sumbar-Sumut Amblas, Buka-Tutup Diberlakukan
Jalan rusak akibat banjir bandang di Kabupaten Padang Pariaman
Akses Jalan 2 Ribu Warga Masih Terputus di Sungai Pingai