Lomba Busana Daur Ulang Meriahkan HUT RI di Padang Panjang

Ribuan mata terpesona saat anak-anak dari berbagai jenjang pendidikan di Padang Panjang memamerkan busana daur ulang dalam Festival Merah

Salah satu peserta memamerkan busana hasil daur ulang dalam Festival Merah Putih di Padang Panjang. [foto: Pemko Padang Panjang]

Langgam.id - Ribuan mata terpesona saat anak-anak dari berbagai jenjang pendidikan di Padang Panjang memamerkan busana dari daur ulang bahan bekas dalam Festival Merah Putih, Rabu (14/8/2024).

Acara ini digelar di red carpet depan Kantor Cabang Utama BRI di Jalan Sudirman, sebagai bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia (HUT RI).

Para peserta, yang berasal dari Taman Kanak-Kanak, SD, SLTP, dan SLTA, mengenakan busana inovatif yang terbuat dari bahan bekas.

Mereka menggunakan material seperti plastik sisa laundry, koran bekas, bungkus minuman, kardus, kantong kresek, dan karung bekas beras. Dari barang-barang yang biasanya dianggap sampah, para peserta berhasil menciptakan pakaian yang menawan dan modis.

Lomba ini melibatkan 230 peserta dari 65 murid Taman Kanak-kanak, 105 siswa Sekolah Dasar (SD), 43 siswa SLTP, dan 17 siswa SLTA.

Juri lomba memperhatikan empat aspek dalam penilaian. Mulai dari nilai dan manfaat daur ulang, keserasian makeup dengan tema busana, inovasi dan kreativitas, serta penguasaan panggung dan ekspresi.

Acara ini disaksikan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang, Winarno bersama Forkopimda, staf ahli, asisten, Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Sri Hidayani Sonny.

Kemudian juga disaksikan oleh Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan, Fitriyana Winarno serta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala sekolah, jajaran guru, dan ratusan siswa serta masyarakat.

Lomba ini menampilkan berbagai kostum menarik, termasuk baju princess dari plastik merah putih, Raja Burung Garuda dari kardus bekas, serta karakter-karakter seperti Batman dan Robocop.

Keberhasilan lomba ini menonjolkan kreativitas dan inovasi para peserta dalam mengolah bahan daur ulang menjadi busana yang menarik perhatian publik. (*/Ilmi)

Baca Juga

Pengadilan Negeri Padang Panjang kembali melanjutkan sidang perkara pemalsuan tanda tangan Mamak Kaum Koto Nan Baranam dengan terdakwa Gema
Sidang Pemalsuan Tanda Tangan Mamak Kepala Kaum, Hakim ke Terdakwa: Bohong Jangan Sama Hakim
Polres Padang Panjang berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan yang melibatkan kerugian laptop dan handphone dari sebuah
Pelaku Pencurian di Panjang Panjang Dibekuk, Modus Pantau Korban saat Live di Medsos
Pengadilan Negeri Padang Panjang melanjutkan sidang kasus pemalsuan tanda‎ tangan Mamak Kepala Kaum Suku Koto Nan Baranam, Herry Chandra
Sidang Pemalsuan Tandatangan Mamak Kepala Kaum, Saksi Binggung Ada Surat Jual Beli Tanah 1997
KPU Padang Panjang telah menetapkan nomor urut pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk Pilkada 2024. Penetapan ini
Nomor Urut Pilkada Padang Panjang: Edwin-Albert 1, Nasrul-Eri 2, Hendri-Allex 3
KPU Padang Panjang sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat serta Wali Kota
KPU Tetapkan DPT Padang Panjang 44.322 di Pilkada 2024
Pimpinan definitif DPRD Padang Panjang periode 2024-2029 resmi ditetapkan dan diambil sumpah jabatannya pada Jumat (20/9/2024).
Tiga Pimpinan Definitif DPRD Padang Panjang Dilantik, Imbral Jadi Ketua