Pamong Senior Akmal Usman Diabadikan Sebagai Nama Lounge Balaikota Padang

Pamong Senior Akmal Usman Diabadikan Sebagai Nama Lounge Balaikota Padang

Foto: Diskominfo Padang

Langgam.id - Nama pamong senior Akmal Usman resmi diabadikan sebagai nama Lounge Balaikota Padang. Pemberian nama ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasanya yang berhasil membawa Kota Padang meraih penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha, penghargaan tertinggi dari Presiden RI untuk Kotamadya Tingkat II Padang yang sukses melaksanakan pembangunan Pelita II.

Peresmian Lounge Balaikota Padang di Lantai I dilakukan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, serta dihadiri oleh keluarga besar almarhum Akmal Usman pada Jumat (2/8/2024).

Akmal Usman, seorang pamong senior di lingkungan Pemko Padang, mulai mengabdi sebagai pegawai sejak 1965 setelah menuntaskan pendidikannya di Universitas Indonesia. Selama bertugas, ia pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pasar, Kepala Dinas PU, Asisten I, Asisten III, dan terakhir sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamadya Padang selama 12 tahun. Setelah itu, ia melanjutkan pengabdiannya di Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan memegang beberapa posisi penting di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov.

Pj. Wali Kota Padang, Andree Algamar, menyatakan bahwa Lounge Balaikota Padang selalu dimanfaatkan Pemko untuk menjamu tamu yang berkunjung. "Ini bentuk penghargaan untuk mengenang jasa almarhum selama menjadi Sekda terlama. Sampai sekarang tidak pernah ada Sekda yang menjabat selama 12 tahun," ujar Andree Algamar. Ia menambahkan bahwa Akmal Usman adalah sosok yang sangat disegani dan prestasinya sebagai pamong senior patut dicontoh. "Mari manfaatkan lounge ini untuk memunculkan inovasi untuk kebaikan bersama," ajaknya.

Andree juga menegaskan bahwa sosok Akmal Usman patut diteladani, terutama dalam hal sikap dan disiplin yang selalu ditunjukkannya selama menjabat. "Nama ini diabadikan supaya junior kami tahu siapa itu Akmal Usman dan meneladani sikap beliau," pungkasnya.

Perwakilan keluarga Akmal Usman, Elwi Danil, mengungkapkan kebanggaannya atas penggunaan nama Akmal Usman sebagai nama Lounge Balaikota Padang. "Terima kasih yang sebesar-besarnya karena sudah melekatkan nama orangtua kami di Lounge utama Balaikota. Ini tentu kebanggaan bagi kami karena ini bukti bahwa beliau masih dikenang," katanya. Elwi juga bercerita bahwa Akmal Usman adalah seorang pekerja keras dengan disiplin tinggi. "Beliau memiliki loyalitas sangat tinggi terhadap Kota Padang dan pimpinan," tuturnya. (*/Yh)

Tag:

Baca Juga

KPU Padang Panjang berencana akan menggelar debat pertama calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Panjang pada Rabu (23/10/2024).
KPU Padang Panjang Matangkan Persiapan Jelang Debat Perdana Pilkada 2024
Literasi merupakan fondasi penting dalam dunia pendidikan, terutama di tingkat perguruan tinggi. Namun, di banyak kampus di Indonesia, budaya
Kampus Non-Literat: Rusaknya Lumbung Produksi Kaum Intelektual Hari Ini
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mammals dan Aves Ducula bicolor Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
UKM Mammals dan Aves Ducula Bicolor UM Sumatera Barat Adakan Monitoring Satwa Liar
Plt Gubernur Audy Nilai Sosok Mantan Sekda Hansastri Layak Diteladani
Plt Gubernur Audy Nilai Sosok Mantan Sekda Hansastri Layak Diteladani
Urang Awak di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran
Urang Awak di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran
Konsolidasi Akbar Tim Pemenang, Fadly Amran Komitmen Wujudkan Program BPJS dan Seragam Sekolah Gratis di Padang
Konsolidasi Akbar Tim Pemenang, Fadly Amran Komitmen Wujudkan Program BPJS dan Seragam Sekolah Gratis di Padang