Semarakkan HUT ke-31 Ibu Kota Agam, Ratusan Jamba Diarak Menuju Rumah Dinas Bupati

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 perpindahan ibu kota Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubuk Basung disemarakkan dengan adanya arak-arakan ratusan bundo kanduang sambil manjujuang

Ratusan bundo kanduang manjujuang jamba dari kantor Bappeda Agam melintasi kantor bupati menuju rumah dinas Bupati Agam. [foto:

Langgam.id - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 perpindahan ibu kota Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubuk Basung disemarakkan dengan adanya arak-arakan ratusan bundo kanduang sambil manjujuang jamba, Jumat (19/7/2024).

Arak-arakan jamba itu dilaksanakan dari kantor Bappeda Agam melintasi kantor bupati menuju rumah Dinas Bupati Agam dimeriahkan dengan tambua tansa.

Arak-arakan tersebut disaksikan oleh Bupati Agam, Andri Warman, Forkopimda Agam, Kepala OPD dan lain sebagainya.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Agam, Kasman Zaini mengatakan, ratusan jamba berasal dari OPD, kecamatan, nagari se-Kecamatan Lubuk Basung, sekolah se-Kecamatan Lubuk Basung dan lainnya.

“Jamba diarak mulai dari kantor Bappeda Agam menuju rumah dinas Bupati Agam dan dilanjutkan makan bajamba secara adat Minangkabau,” terang Kasman dilansir dari amcnews.co.id.

Makan bajamba ini ungkapnya, diikuti oleh Bupati Agam, Andri Warman, Forkopimda Agam, Kepala OPD Agam, Camat se-Kabupaten Agam, ninik mamak dan bundo kanduang se-Kecamatan Lubuk Basung serta masyarakat Lubuk Basung.

"Kegiatan ini dilakukan setiap tahun setelah upacara peringatan perpindahan Ibu Kota Kabupaten Agam dari Kota Bukittinggi ke Lubuk Basung," ucapnya.

Menurut Kasman, bajamba dilakukan sekaligus melestarikan adat dan budaya Minangkabau serta memperkenalkan kepada generasi muda.

Sebelumnya, Pemkab Agam menggelar upacara dalam rangka peringatan 31 tahun Lubuk Basung sebagai Ibu Kota Kabupaten Agam dan Hari Koperasi ke-77 di halaman Kantor Bupati Agam. (*/yki)

Baca Juga

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Agam menggelar bazar pangan murah. Kegiatan ini untuk menstabilkan harga pangan dan menekan
Stabilkan Harga Pangan, Pemkab Agam Gelar Bazar Pangan Murah
Muhammadiyah Sumbar Bersatu Dukung Guspardi dan Yogi di Pilkada Agam
Muhammadiyah Sumbar Bersatu Dukung Guspardi dan Yogi di Pilkada Agam
KPU Agam melaksanakan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Agam periode 2025-2030 pada Pilkada
Pilkada Agam: Guspardi–Yogi 1, Benni–Muhammad Iqbal 2, Andri–Martias 3, Irwan–Asra 4
Muhammadiyah Agam Dukung Guspardi Gaus dan Yogi Yolanda di Pilbup Agam 2024
Muhammadiyah Agam Dukung Guspardi Gaus dan Yogi Yolanda di Pilbup Agam 2024
Masa Jabatan 92 Nagari di Agam Diperpanjang Menjadi 8 Tahun
Masa Jabatan 92 Nagari di Agam Diperpanjang Menjadi 8 Tahun
Kisah Yogi Yolanda: Dari Aktivis Unand Hingga Bertarung di Pilkada Agam
Kisah Yogi Yolanda: Dari Aktivis Unand Hingga Bertarung di Pilkada Agam