Festival Maek Mengungkap Misteri Peradaban Dunia

Langgam.id - Festival Maek hadir dengan tujuan mengangkat potensi wisata peradaban dunia yang masih terselubung dalam misteri, menjadikannya terang dan dikenal oleh dunia.

Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi menyampaikan hal ini saat kegiatan berlangsung pada Rabu, 17 Juli 2024. Menurutnya, persiapan festival ini telah dilakukan sejak tahun 2023 oleh tim kerja Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat.

"Kami mengundang perwakilan dari Mesir, Jepang, dan Australia untuk hadir dan berbagi pandangan mengenai budaya peradaban Maek. Selain itu, kami juga telah melaporkan kegiatan ini kepada UNESCO dan BRIN di Jakarta," ujar Supardi.

Supardi menambahkan bahwa Festival Maek membuka peluang besar bagi peneliti, arkeolog dunia, dan wisatawan mancanegara untuk datang ke Nagari Maek. "Kami berharap Festival Maek dapat menjadi bagian dari kalender tahunan pariwisata Sumbar. Potensi kebudayaan Maek dan daerah sekitarnya, seni tradisi, serta pertunjukan kebudayaan akan semakin memeriahkan festival ini di masa mendatang, dan menarik lebih banyak wisatawan mancanegara," katanya.

Informasi dari panitia penyelenggara menyebutkan bahwa Festival Maek 2024 di Nagari Maek akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, pada pukul 20.00 WIB. Acara ini juga akan dihadiri oleh perwakilan dari BRIN, Bupati Limapuluh Kota, Walikota Payakumbuh, kepala OPD terkait, serta elemen masyarakat Maek.

Dengan segala persiapan dan dukungan yang telah dilakukan, Festival Maek diharapkan mampu mengungkap tabir misteri peradaban dunia dan mengangkat potensi wisata Sumatera Barat ke kancah internasional. (*/Yh)

Baca Juga

Investasi Sejak Dini
Semester Pertama 2024, Pemko Padang Catat Investasi Tembus Rp2,02 Triliun
Cuaca ekstrem maritim melanda wilayah pesisir Sumatra Barat (Sumbar) pada Rabu (16/10/2024) pagi dan siang hari. Gelombang tinggi menghantam
Gelombang Tinggi Hantam Pesisir Sumbar, Warga Diminta Waspada Hingga 18 Oktober
Abrasi menyebabkan ambruknya bagian belakang Rumah Makan Pasir Putih di Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Rabu (16/10/2024).
Abrasi di Bungus Teluk Kabung, Rumah Makan Ambruk, 15 Pelajar Padang Terluka
Tiga rumah dan satu musala di kawasan Pantai Pasia Jambak, Kelurahan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, terancam abrasi
Tiga Rumah dan Satu Musala Terimbas Abrasi di Pantai Pasia Jambak
Penemuan Mayat di Sitinjau Lauik, Polisi Lakukan Penyelidikan
Penemuan Mayat di Sitinjau Lauik, Polisi Lakukan Penyelidikan
Plt Gubernur Serahkan SK, Jabatan Pj Wako Padang Panjang dan Pariaman Diperpanjang
Plt Gubernur Serahkan SK, Jabatan Pj Wako Padang Panjang dan Pariaman Diperpanjang