Eksistensi Komunikasi Korporasi dalam Menjaga Reputasi Perusahaan

Eksistensi Komunikasi Korporasi dalam Menjaga Reputasi Perusahaan

Yesi Sumarni. (Foto: Dok.Pribadi)

Keberhasilan membangun reputasi sebuah perusahaan sering kali dilihat dari kemampuan perusahaan tersebut menjaga hubungan baik secara internal maupun eksternal, yang mana dalam hal ini perusahaan memerlukan strategi komunikasi yang tepat atau sering disebut sebagai komunikasi korporasi.

Komunikasi koorporasi adalah suatu disiplin yang berkaitan dengan manajemen dan penyampaian informasi di dalam serta di sekitar suatu organisasi atau perusahaan. Tujuan utama dari komunikasi korporasi adalah memastikan bahwa pesan-pesan yang disampaikan oleh perusahaan konsisten, jelas, dan sesuai dengan nilai-nilai serta tujuan perusahaan. Kotlers(2000:606) mendefinisikan Corporate Communication sebagai sarana promosi bagi organisasi melalui komunikasi internal maupun eksternal.  

Kemampuan Komunikasi koorporasi dalam menyampaikan pesan maupun berinteraksi dengan pihak internal maupun eksternal perusahaan disebut Interpersonal Skill. Interpersonal skill sendiri menjadi poin penting yang harus diperhatikan sebuah perusahaan karena akan berpengaruh pada reputasi yang dihasilkan.

Hal ini bisa dilihat dari bagaimana sebuah perusahaan menjaga hubungan internal dengan menciptakan lingkungan kerja yang sehat seperti meningkatkan keterlibatan karyawan, mendorong kolaborasi dan inovasi karyawan. Jika lingkungan internal kerja sudah sehat maka segala bentuk hubungan eksternal juga pasti terjalin dengan baik karena keberhasilan eksternal bergantung pada internal perusahaan itu sendiri.

Lalu untuk apa menjaga hubungan baik dengan pihak eksternal?Karena pada komunikasi Korporasi untuk membentuk reputasi positif, dalam prosesnya pesan-pesan yang sudah dikelola dan dirancang dengan baik oleh pihak internal membutuhkan saluran atau media seperti pers, media social, maupun lembaga kampanye pemasaran lainnya agar sampai pada masyarakat sehingga terbangun corporate branding perusahaan. Jika perusahaan tidak memiliki hubungan yang baik dengan pihak tersebut maka akses penyampaian informasi agar sampai kepada masyarakat akan terbatas seperti di akun internal perusahaan saja yang cakupannya tidak luas.

Selain itu, dalam sebuah perusahaan tidak terlepas dari yang namanya krisis seperti pemberitaan mengenai isu negatif sehingga ini berpengaruh pada reputasi perusahaan tersebut yang kemudian menyebabkan kerugian cukup besar. Pada kondisi ini, peran dari komunikasi koorporasi sangat dibutuhkan untuk merespons dan mengatasi segala bentuk tudingan atau tuduhan negatif terhadap perusahaan sehingga kredibilitas dan kepercayaan public terhadap perusahaan tetap terjaga.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa eksistensi Komunikasi korporasi pada sebuah perusahaan sangat dibutuhkan baik itu dalam menjaga hubungan antar internal maupun eksternal juga untuk mengatasi isu-isu negatif dari perusahaan tersebut.

*Penulis: Yesi Sumarni (Mahasiswi Magister Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas)

Baca Juga

Pada pertengahan Februari 2025 lalu kita dapat melihat ribuan pelajar di sejumlah daerah di Papua, terutama Papua Pegunungan turun
Narasi Tandingan dari Tanah Papua: Protes Pelajar sebagai Kritik terhadap Kebijakan Publik yang Tidak Kontekstual
Ada pepatah lama yang berbunyi, “Sedia payung sebelum hujan”. Sayangnya, bagi Generasi Z (GenZ), payung itu kadang terlupakan
Zona Eksploitasi: Arena Pencabulan Identitas dan Pamer Kebodohan
Akhir-akhir ini, kasus kekerasan seksual semakin meningkat. Yang menjadi perhatian yaitu pelaku merupakan mereka yang memiliki jabatan,
Kekerasan Seksual oleh Aparat Negara, Bukti Nyata Gagalnya Etika Profesi dan Penegakan Hukum di Indonesia
Wacana perbaikan transparansi dalam pembentukan RUU Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang disampaikan oleh Presiden Prabowo Subianto
RUU Polri dan Janji Transparansi Prabowo: Antara Kebutuhan Reformasi dan Ancaman Superbody
Bukan Sekadar Komparasi: Upaya Menolak Bisik-Bisik dalam Demokrasi
Bukan Sekadar Komparasi: Upaya Menolak Bisik-Bisik dalam Demokrasi
Mencari Julukan Presiden Prabowo Subianto
Mencari Julukan Presiden Prabowo Subianto