Antisipasi Banjir Lahar Dingin, Polres Bukittinggi Koordinasi dengan BPBD Agam

Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol Yessi Kurniati meninjau lokasi musibah banjir lahar dingin aliran Gunung Marapi di Bukit Batabuah,

Bupati Agam, Andri Warman bersama Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol Yessi Kurniati meninjau lokasi musibah banjir lahar dingin aliran Gunung Marapi di Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang. [foto: IG @agam.media.center]

Langgam.id - Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol Yessi Kurniati meninjau lokasi musibah banjir lahar dingin aliran Gunung Marapi di Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten, Agam.

Yessi mengungkapkan bahwa banjir lahar dingin yang terjadi di Bukit Batabuah tersebut melanda jalan raya dan perumahan penduduk.

"Saat ini kami masih mendatangi penduduk yang terdampak banjir lahar dingin, tadi ada pengendara yang terseret arus dan sudah kita selamatkan dan antarkan pulang," ujar Yessi.

Untuk langkah antisipasi terang Yessi, pihaknya sudah koordinasi dengan BPBD Agam untuk pengerahan alat-alat untuk merubah alur lahar dingin ini untuk melewati jalur sungai yang seharusnya.

Hal ini karena kondisi sungai tertutup, sehingga lahar dingin melebar ke perumahan penduduk.

Yessi pun mengimbau masyarakat yang berada bertempat di jalur arus lahar dingin agar waspada dan melihat kondisi.

"Kemudian mengantisiapsi apabila terjadi tiba-tiba terjadi banjir bandang. Kalau perlu kami sarankan untuk mengungsi," ujar Yessi.

Baca Juga

Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
3 Ton NaCl Disebar di Langit Kota Padang pada TMC Hari Keempat
3 Ton NaCl Disebar di Langit Kota Padang pada TMC Hari Keempat
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
13 Korban di Kawasan Tanah Datar yang Masih Hilang akan Terus Dicari
Fanta 2.0 dan relawan Prabowo Gibran, Gigih Brani 08, menyaluarkan bantuan kebutuhan pokok balita di posko pengungsian di SDN 08 Bukit
Fanta 2.0 dan Gigih Brani 08 Bagikan Kebutuhan Pokok Balita di Posko Pengungsian Agam
InJourney Group Salurkan Bantuan Rp 500 Juta untuk Korban Bencana di Sumbar
InJourney Group Salurkan Bantuan Rp 500 Juta untuk Korban Bencana di Sumbar