BBPOM di Padang Periksa Sampel Takjil di 3 Pasar Pabukoan, Ini Hasilnya

Balai Besar Pengawas Obat Makanan (POM) di Padang telah melakukan pemeriksaan terhadap jajanan buka puasa (takjil) di tiga lokasi pasar pabukoan.

Kepala Balai Besar POM di Padang Abdul Rahim. [Foto: infopublik.id]

Langgam.id - Balai Besar Pengawas Obat Makanan (BBPOM) di Padang telah melakukan pemeriksaan terhadap jajanan buka puasa (takjil) di tiga lokasi pasar pabukoan.

Yaitu di pasar pabukoan Pasar Raya Kota Padang, Pasar Kota Padang Panjang dan Pasar Nanggalo Kota Padang.

Kepala BBPOM di Padang Abdul Rahim pun membeberkan hasil penguji cepat pada Laboratorium Mobil Keliling BPOM di Padang di tiga lokasi pemeriksaan pabukoan tersebut.

"Hasil penguji cepat pada Laboratorium Mobil Keliling BPOM di Padang pada tiga lokasi tersebut, tidak ditemukan adanya bahan berbahaya pada takjil maupun menu berbuka lainnya," ujar Abdul dikutip dari infopublik.id, Selasa (19/3/2024).

Abdul menjelaskan bahwa pemeriksaan secara intensif ini dilakukan dalam rangka memastikan jajanan buka puasa (pabukoan) yang dijual aman. Intensifikasi pengawasan dilakukan melalui sampling pabukoan.

"Kemudian dilanjutkan dengan penguji cepat pada Laboratorium Mobil Keliling terhadap Boraks, Formalin, Metanil Yellow dan Rhodamin B," bebernya.

Ia menambahkan, pada kesempatan itu juga dilakukan komunikasi informasi dan edukasi kepada pedagang untuk membuat pabukoan yang bebas dari penyalahgunaan bahan berbahaya. Seperti, boraks, formalin, Metanil Yellow dan Rhodamin B) dan bebas dari cemaran (cemaran biologis, cemaran kimia dan cemaran fisika).

"Selain memberikan sosialisasi kepada pedagang tentang keamanan pabukoan yang dibuat, BBPOM di Padang juga mensosialisasikan kepada masyarakat agar cerdas memilih pabukoan yang akan dibeli," ucapnya. (*/yki)

Baca Juga

Berburu Takjil Antaragama
Berburu Takjil Antaragama
BBPOM di Padang telah melakukan sampling terhadap 22 item sampel makanan dan minuman yang diduga mengandung bahan
BBPOM Padang Temukan Produk Kedaluwarsa dan Tanpa Izin Edar Jelang Ramadan
BBPOM di Padang telah melakukan sampling terhadap 22 item sampel makanan dan minuman yang diduga mengandung bahan
BBPOM Temukan Produk Kerupuk Nasi Mengandung Boraks di Padang
Ramadan Penuh Berkah, Pedagang Takjil Raup Omzet Ratusan Ribu Sehari
Ramadan Penuh Berkah, Pedagang Takjil Raup Omzet Ratusan Ribu Sehari
Bulan puasa identik dengan pasar Ramadan atau orang Minangkabau menyebutnya pasar pabukoan. Pasar pabukoan menjual berbagai macam takjil
Dekat dengan Kampus Unand, Pasar Pabukoan Kapalo Koto Tawarkan Ragam Menu Berbuka
Pemko Padang kembali akan menggelar pasar pabukoan selama bulan Ramadhan 2024/1445 Hijriah. Pasar pabukoan akan dilaksanakan
Mulai 13 Maret, Pemko Padang Kembali Gelar Pasar Pabukoan