Lansia Perlu Rutin Menjaga Kesehatan Otak

Lansia Perlu Rutin Menjaga Kesehatan Otak

Salah satu kegiatan yang bisa mengasah otak. (Foto: pinteres)

Langgam.id - Perubahan kognitif pada lansia merupakan suatu proses penuaan secara sehat atau normal aging. Pengaruhnya seperti menurunnya daya ingat atau memori dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam menghadapi proses penuaan ini, penting bagi para lansia menjaga kesehatan fisik dan mental agar tetap sehat. Untuk menjaga fungsi otak lansia dapat melakukan berbagai permainan agar melatih otaknya.

Merujuk publikasi Kementerian Kesehatan, Games untuk Melatih Kemampuan Otak Manusia, lansia bisa melatih dan merangsang kemampuan otaknya dengan berbagai tantangan dalam permainan.

Dilansir dari tempo.co pada Jumat (4/8/2023), permainan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan otak lansia yaitu :

1) Teka-Teki Silang

Ingatan verbal untuk mencari kata-kata yang sesuai dengan sejumlah huruf yang cocok dengan frasa deskriptif untuk menyelesaikan teka-teki. Merujuk publikasi Association of Crossword Puzzle Participation with Memory Decline in Persons Who Develop Dementia dalam National Center for Biotechnology Information, menyelesaikan teka-teki silang berhubungan dengan penundaan timbulnya penurunan memori yang dipercepat, terlebih terhadap orang yang mengalami demensia (pikun).

2) Permainan Otak Daring

Berbagai platform seperti Lumosity, Cognifit, Sharpbrains, BrainHQ, dan lainnya menyediakan permainan otak secara gratis yang menantang ingatan, perhatian, dan konsentrasi.

3) Merajut

Merajut memanfaatkan memori prosedural yang mendorong kemampuan memahami, mengingat, dan melakukan rangkaian tindakan.

4) Bermain Kartu

Bermain kartu seperti bridge menggunakan tantangan kognitif yang signifikan. Permainan ini membutuhkan kemampuan mengingat siapa yang telah memainkan kartu apa. Hal tersebut dapat mengembangkan strategi sambil mempertimbangkan niat pemain lain dan memahami sistem poin yang kompleks.

5) Puzzle Jigsaw

Mengerjakan puzzle jigsaw memerlukan banyak keterampilan memori visual-spasial, yakni melihat dan mengingat bagian-bagian yang cocok dalam ruang yang berbentuk serupa. Menurut laporan penelitian tahun 2018 yang diterbitkan dalam Frontiers of Aging Neuroscience, mengerjakan puzzle jigsaw menggunakan berbagai kemampuan kognitif. (Hafifah Meylani Syukri/Fs)

Tag:

Baca Juga

Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu. Bagi banyak jemaah, haji merupakan mimpi
Jaga dan Lindungi Lansia 
Haji ramah lansia dijadikan tagline oleh Kementerian Agama RI dalam musim haji 1445H/2024. Haji ramah lanjut usia yes, ini maksudnya
Ramah Lansia dan Dedikasi Petugas, Yes
Pemkot Padang Salurkan Bantuan Rp120 Juta untuk Lansia
Pemkot Padang Salurkan Bantuan Rp120 Juta untuk Lansia
Petugas Selamatkan Nenek Terlantar di Dalam Gorong-gorong di Padang
Petugas Selamatkan Nenek Terlantar di Dalam Gorong-gorong di Padang
Langgam.id - Pemerintah terus mendorong capaian vaksinasi Covid-19 dosis tiga di seluruh Indonesia sejak Januari 2022.
Aturan Baru Kemenkes, Lansia Bisa Booster Setelah 3 Bulan Vaksin Lengkap
Capaian Vaksinasi Lansia di Padang Masih 48 Persen
Capaian Vaksinasi Lansia di Padang Masih 48 Persen