Lagi Mekar, Keberadaan Bunga Raflesia di Palupuh Agam Tarik Minat Wisatawan Asing

Bunga Raflesia Arnoldi tumbuh mekar di Jorong Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam. Keberadaan bunga

Para wisatawan asing yang datang melihat bunga Raflesia Arnoldi di Papuluh, Agam. [foto: IG Diskominfo Agam]

Langgam.id - Bunga Raflesia Arnoldi tumbuh mekar di Jorong Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam. Keberadaan bunga langka ini pun mampu menarik minat wisatawan mancanegara untuk datang melihat secara langsung.

Warga setempat yang juga pemandu wisata nagari, Jhon mengatakan bahwa bunga Raflesia Arnoldi ini mekar baru memasuki hari ketiga. Biasanya, terang Jhon, bunga ini menghabiskan 8 hari untuk mekar dan setelah itu layu dan mati.

"Namun setiap ada bunga yang mati akan selalu ada knop bunga baru yang bersiap untuk mekar," ujar Jhon dikutip dari akun Instagram Diskominfo Agam pada Sabtu (22/7/2023).

Bunga Raflesia Arnoldi yang ada di Agam ini pun dikunjungi oleh wisatawan mancanegara asal Inggris bernama Joana Fielder. Ia mengaku kagum dan rela menempuh jalan hutan untuk dapat melihat langsung bunga Raflesia Arnoldi yang mekar itu.

"Saya Joana dari Inggris dan saya mendapat informasi tentang bunga ini mekar dan saya memutuskan untuk datang melihat. Saya senang melihat bunga ini walaupun tempatnya sulit dijangkau tapi tidak masalah dan bunganya sangat indah," bebernya.

Diketahui, untuk bisa sampai ke lokasi bungai Raflesia Arnoldi tersebut, dibutuhkan lebih kurang 3,5 jam pulang pergi dengan berjalan kaki. (*/yki)

Baca Juga

Fanta 2.0 dan relawan Prabowo Gibran, Gigih Brani 08, menyaluarkan bantuan kebutuhan pokok balita di posko pengungsian di SDN 08 Bukit
Fanta 2.0 dan Gigih Brani 08 Bagikan Kebutuhan Pokok Balita di Posko Pengungsian Agam
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
Data Terbaru Bencana di Sumbar, BNPB: Korban Jiwa Capai 50 Orang
Sejumlah bangunan di Kabupaten Agam terdampak banjir bandang yang melanda daerah tersebut pada Sabtu (11/5/2024) malam. Salah satunya adalah SDN 03 Koto Tuo, Kecamatan IV Koto.
Diterjang Banjir Bandang, Bangunan SDN 03 Koto Tuo Agam Rusak Berat
Puluhan Warga Terdampak Banjir Bandang Mengungsi di SDN 08 Kubang Duo Koto Panjang
Puluhan Warga Terdampak Banjir Bandang Mengungsi di SDN 08 Kubang Duo Koto Panjang
Pencarian dua korban hanyut di sungai Batang Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, pada hari kedua, Jumat
Hari Kedua Pencarian, 2 Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Belum Ditemukan