Pemko Payakumbuh Salurkan 1.300 Paket Sembako dan BLT Usaha Mikro

Pemko Payakumbuh Salurkan 1.300 Paket Sembako dan BLT Usaha Mikro

Penyerahan paket sembako dan BLT secara simbolis oleh Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda. [Foto: Humas]

Langgam.id - Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menyerahkan secara simbolis bantuan sosial pangan kepada masyarakat di lima kecamatan, Senin (5/12/2022). Ada 1.300 paket sembako dan 1.000 bantuan tunai (BLT) yang dibagikan.

Rida Ananda mengatakan, Pemko Payakumbuh telah mengalokasikan 2 persen dari dana alokasi umum pada APBD untuk menangani persoalan ekonomi ekstrem yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Dana ditempatkan di tiga organisasi perangkat daerah (OPD).

"Pemerintah Kota Payakumbuh mengalokasikannya di tiga OPD. Yaitu, di dinas sosial, dinas koperasi dan UKM, serta dinas perhubungan," katanya.

Penempatan anggaran disesuaikan dengan warga yang menerima bantuan. Sebab bantuan diserahkan untuk warga kurang mampu, pelaku usaha mikro dan pelaku transportasi.

Bantuan sembako merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meringankan beban kebutuhan sehari-hari masyarakat. Mengingat saat ini, hemattnya, Indonesia termasuk negara yang terkena dampak inflasi.

"Semoga bermanfaat. Dapat meringankan beban masyarakat penerima bantuan," katanya didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Payakumbuh M. Faizal, Kabag Perekonomian Arif Siswandi, serta para camat.

M. Faizal menjelaskan, bantuan sosial yang disalurkan berupa 1.300 paket sembako senilai Rp 150 ribu. Kemudian 1.000 BLT senilai Rp 600 ribu kepada pelaku usaha mikro.

"Nanti akan disalurkan melalui 5 kecamatan untuk warga di 47 kelurahan se Kota Payakumbuh," katanya.

Baca Juga: Tekan Inflasi, Pemko Payakumbuh Siapkan 35 Ribu Bibit Cabe Siap Tanam

Menurutnya, kenaikan harga BBM, gas, dan listrik membuat masyarakat dan usaha mikro terdampak. Bantuan yang disalurkan wujud kehadiran pemerintah saat kondisi cukup sulit. (Fahmi Adnan)

Baca Juga

Pemko Payakumbuh menerima dua penghargaan pada awal Mei 2024 ini. Kedua penghargaaan tersebut diterima Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman saat
Awal Mei, Pemko Payakumbuh Raih Dua Penghargaan
Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman melantik 194 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemko Payakumbuh 2024
194 PPPK Terima SK Pengangkatan, Ini Harapan Pj Wali Kota Payakumbuh
Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman menyampaikan Nota Pengantar Wali Kota Payakumbuh tentang Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD
Wako Payakumbuh Sampaikan Nota Pengantar Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2023
Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pj Wako Payakumbuh Sidak ke OPD dan BUMD
Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman bersama Ketua TP PKK, Lasta Jasman menyerahkan santunan untuk 20 orang masyarakat kurang mampu, Selasa
Pj Wako Payakumbuh Serahkan Bantuan Emersia untuk Keluarga Kurang Mampu
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh menyerahkan 96 paket bantuan "DWP Peduli dan Berbagi" di Balai Kota Payakumbuh, Selasa (2/4/2024).
Jelang Lebaran, DWP Kota Payakumbuh Serahkan 96 Paket Bantuan