Tidak Semua Halte Trans Padang Punya Loket Saldo Brizzi, Penumpang: Harusnya Ada di Setiap Halte

Koridor 2 dan 3 Bus Trans Padang direncanakan akan beroperasional pada minggu kedua Desember 2023 nanti. Berbagai proses sudah disiapkan

Bus Trans Padang (Foto: Irwanda Saputra)

Langgam.id - Pemberlakuan penggunaan kartu Brizzi dalam pembayaran Trans Padang mendapat dukungan dari sejumlah masyarakat di Kota Padang. Sebab, selain praktis, pembayaran non-tunai tersebut juga dinilai cukup aman.

Hanya saja, penumpang mengaku cukup kesulitan saat untuk melakukan pengisian ulang. Sebab, tidak semua halte Trans Padang memiliki loket pembelian saldo Brizzi.

Hal ini diakui oleh salah seorang penumpang Trans Padang, Lusia Artana (25). Ia mengaku kerap menaiki Trans Padang meski menggunakan kartu Brizzi milik temannya sendiri.

"Isi saldonya bertempat-tempat ya, engga semua halte ada. Jadi susah juga jadinya. Mestinya harus ada di setiap halte, jadi penumpang engga ribet untuk pengisian saldo," katanya saat diwawancarai langgam.id, Minggu (13/10/2019).

Dari pantauan langgam.id, beberapa halte Trans Padang terdapat beberapa spanduk yang menunjukkan lokasi pengisian saldo kartu Brizzi. Di spanduk itu tertulis titik penjualan kartu Brizzi yang di antaranya, di halte SMP 1 Padang (2), halte KONI (2), halte AKBP (2) halte UNP, halte Basko, halte Asia Biskuit (2).

Menurut salah seorang petugas Trans Padang yang dijumpai langgam.id di halte Imam Bonjol, pengurusan kartu Brizzi sangat mudah. Bahkan, tanpa persyaratan dan hanya membeli seharga Rp30 ribu plus saldo Rp9 ribu.

"Berlakunya tidak hanya di Trans Padang saja, tapi se-Indonesia. Bulan besok berlaku juga untuk kereta api. Satu kartu bisa untuk semua keluarga, jadi siapa yang mau pergi, berikan saja kartu Brizzi itu," ujar petugas Trans Padang yang enggan disebutkan namanya itu.

"Harga kartu Brizzi tanpa saldo alias kosong seharga Rp20 ribu. Sementara, kalau berisi saldo seharga Rp30 ribu tadi itu dapat Rp9 ribu, sebenarnya Rp10 ribu tapi dipotong 1.000 untuk agen, sama kayak isi pulsa," sambungnya.

Ia menegaskan, bagi penumpang yang tidak memiliki kartu Brizzi memang tidak diperbolehkan pramugara meminta secara tunai. Karena hal itu katanya, melanggar aturan dan yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi.

"Kalau diminta uang tunai nanti kena pramugara, bisa sampai pemecatan. Pakai kartu orang bisa, tergantung penumpang yang meminta tolong ke orang. Tapi pramugara tidak boleh mengarahkan penumpang pakai kartu penumpang lain," sebutnya.

Dijelaskan, untuk kartu Brizzi paling rendah pengisian saldo sebesar Rp5 ribu. Ia mengklaim, di setiap mobil terdapat agen pengisian saldo dan di beberapa halte. Masa berlaku kartu Brizzi tak terbatas. Meskipun tidak pernah digunakan, namun kartun itu akan tetap aktif. (Irwanda/RC)

Baca Juga

Ratusan bibit pohon ketapang dan cemara laut ditanam di kawasan Pantai Cimpago, Kota Padang, Jumat (26/4/2024). Penanaman itu dilakukan
Ratusan Bibit Pohon Ketapang dan Cemara Laut Ditanam di Pantai Cimpago Padang
Ribuan Anak TK Tari Massal, Bunda PAUD Kota Padang Beri Apresiasi
Ribuan Anak TK Tari Massal, Bunda PAUD Kota Padang Beri Apresiasi
Kota Padang menjadi tuan rumah kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2024 yang akan dipusatkan di Gedung Youth Center pada
Warga Jangan Kaget, Besok Sirene Tsunami di Padang Berbunyi
Popda Padang 2024 Resmi Dibuka, Wawako Semangati Atlet Pelajar Berbakat
Popda Padang 2024 Resmi Dibuka, Wawako Semangati Atlet Pelajar Berbakat
Momen HUT ke 51 KPN Balaikota, Giat Sentra Rendang Diresmikan
Momen HUT ke 51 KPN Balaikota, Giat Sentra Rendang Diresmikan
Truk Batu Bara Resahkan Warga Teluk Kabung, FMPL Minta Solusi ke Wawako Ekos Albar
Truk Batu Bara Resahkan Warga Teluk Kabung, FMPL Minta Solusi ke Wawako Ekos Albar