Malam Mencekam di Sitinjau Lauik: Longsor hingga Kecelakaan Beruntun

Langgam.id - Arus lalu lintas di Sitinjau Lauik penghubung Kota Padang dengan Solok kembali normal usai dilanda longsor, Jumat (2/9/2022).

Ilustrasi. [Foto: jbom411/pixabay.com]

Langgam.id - Arus lalu lintas di kawasan Sitinjau Lauik penghubung Kota Padang dengan Solok kembali normal usai dilanda longsor, Jumat (2/9/2022) sejak pukul 17.45 WIB. Lancarnya mobilitas kendaraan mulai berlangsung pukul 23.00 WIB.

Namun sebelum itu, kawasan Sitinjau Lauik pada malam tersebut cukup mencekam. Tingginya intensitas curah hujan sempat membuat material tanah di bekas lokasi longsor kembali turun ke badan jalan.

Volume kendaraan yang cukup tinggi membuat kepadatan arus lalu lintas di Sitinjau Lauik. Antrean kendaraan sempat terjadi di tengah guyuran hujan.

"Karena volume kendaraan yang datang dari Padang maupun Solok cukup padat dan banyaknya kendaraan yang tidak sabar menunggu antrean, sehingga menyebabkan terjadi kemacetan yang cukup panjang," ujar Kapolsek Lubuk Kilangan, Kompol Lija Nesmon, Sabtu (3/9/2022).

Nesmon mengungkapkan, alat berat stand by di lokasi dan telah membersihkan material longsor mulai pukul 20.00 WIB. Jalur yang sempat tertutup semestinya sudah bisa dilalui, namun volume kendaraan tinggi, maka terjadi penumpukan. "Namun, karena banyak kendaraan, arus lalin menjadi macet," ungkapnya.

Kecelakaan Beruntun

Nesmon mengaku, pihak kepolisian pada malam itu bekerja cukup ekstra untuk mengurai kemacetan. Bahkan, di saat proses pengaturan arus lalu lintas, terjadi kecelakaan beruntun.

Kecelakaan beruntun ini melibatkan truk tangki Pertamina yang menabrak dua unit mobil pribadi dan box tronton. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

"Saat proses pengaturan tersebut, tiba-tiba datang mobil tangki Pertamina yang sudah kosong muatannya meluncur menghantam dua unit mobil pribadi jenis sedan dan mini bus. Truk tangki Pertamina tersebut mengalami tekor angin, sehingga menyebabkan rem blong dan mobil hilang kendali," jelasnya.

Baca juga: Sitinjau Lauik Longsor Lagi, Dikabarkan Banyak Kendaraan Terjebak

Dikatakan Nesmon, usai kecelakaan, arus lalu lintas di Sitinjau Lauik kembali macet. Lalu, arus lalu lintas kembali normal setelah kendaraan yang terlibat kecelakaan dievakuasi.

"Arus lalin sudah dapat berjalan normal kembali. Dan dalam kejadian itu nihil korban jiwa, hanya kerugian materil," katanya.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Andre Rosiade menyebutkan pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok, Sumatra Barat
Andre: Alhamdulillah PUPR Surati Kemenkeu soal Flyover Sitinjau Lauik
Kecelakaan Libatkan Banyak Kendaraan di Kawasan Sitinjau Lauik
Kecelakaan Libatkan Banyak Kendaraan di Kawasan Sitinjau Lauik
Anggota DPR RI Andre Rosiade memastikan progres atau perkembangan pembangunan jembatan layang atau Fly Over Sitinjau Lauik terus berjalan.
Kawal Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik, Andre Rosiade: Akhir Oktober Sudah Lelang
Bus MPM Kecelakaan di Panorama II Sitinjau Lauik
Bus MPM Kecelakaan di Panorama II Sitinjau Lauik
Aksi heroik seorang pria berbaju hitam yang melakukan penyelamatan terhadap bus ANS yang mengalami rem blong di kawasan Sitinjau Lauik.
Pria Penyelamat Bus di Sitinjau Lauik Dapat Tawaran Pekerjaan dari Pengusaha Tajir, Digaji Rp10 Juta
Baru-baru ini di media sosial viral aksi heroik seorang pria yang melakukan penyelamatan terhadap bus ANS yang rem blong di Sitinjau Lauik
Viral Aksi Heroik Pria Lakukan Penyelamatan Bus ANS yang Alami Rem Blong di Sitinjau Lauik