2022 Peran Pokdarwis di Pesisir Selatan Harus Dimaksimalkan

2022 Peran Pokdarwis di Pesisir Selatan Harus Dimaksimalkan

Kepala Disparpora Pesisir Selatan Suhendri (dua kiri) pada jambore Pokdarwis di Desa Wisata Salido Saribulan

Langgam.id - Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) harus lebih dimaksimalkan tahun 2022. Rasa aman dan nyaman bagi wisatawan harga mati di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Maksimalkan peran Pokdarwis untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan Suhendri, Kamis (6/1/2022).

Menurutnya, Pokdarwis dapat menjadi pendamping pelaku wisata dalam melakukan pembinaan. Untuk itu, tegasnya, perannya harus ditingkatkan.

Suhendri bertekad tahun 2022 ini sektor pariwisata terus menggeliat di Pesisir Selatan. Salah satu ujung tombak yang dapat diandalkan yakni peran Pokdarwis.

"Kita berharap kunjungan wisata ke daerah bisa lebih meningkat lagi setelah pandemi ini berakhir. Semua itu tentu membutuhkan peran dan kepedulian dari semua, terutama sekali dari Pokdarwis," tuturnya.

Menurut Suhendri, salah satu peran penting ke depan, melakukan pembinaan terhadap karakter, sikap dan perilaku masyarakat di kawasan-kawasan wisata. Sebab, partisipasi masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang nyaman akan berpengaruh terhadap kemajuan pariwisata.

Pesisir Selatan menjadi salah satu kunjungan wisata utama di Sumbar. Sudah seharusnya terus semua pihak berbenah, terutama sikap dan perilaku agar wisatawan merasa aman dan nyaman ketika berkunjung.

"Kepada berbagai dinas terkait untuk terus berupaya melakukan pemberdayaan kepada masyarakat sekitar objek wisata. Tingkatkan juga sarana dan prasarana fisik serta kegiatan pelestarian lingkungan," katanya. (*/Lisa Septri)


Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tag:

Baca Juga

Ketua KPU Agam, Herman Susilo mengatakan, ada sebanyak delapan desainer ambil bagian lomba desain maskot Pemilihan Kepala Daerah Pilkada
Lomba Desain Maskot Pilkada Agam Diikuti 8 Desainer, Pemenang Diumumkan 5 Mei
Sebanyak 207 siswa tingkat SMA se-Kota Padang Panjang mengikuti tes secara online dan offline seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024.
207 Siswa SMA di Padang Panjang Ikuti Seleksi Paskibraka 2024
Pengusaha berdarah Minang yang juga pemilik Rumah Makan Padang Payakumbuh, Arief Muhammad menjanjikan bakal menberikan bonus senilai Rp100 juta kepada Timnas Indonesia
Pengusaha Berdarah Minang Ini Janjikan Bonus Rp100 Juta Jika Timnas Juara Piala Asia 2024
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan 17 bandara udara di Indonesia berstatus bandara internasional. Sebelumnya ada 34 bandara
Kemenhub Tetapkan 17 Bandara Internasional, Salah Satunya BIM
Padang Punya Sejumlah Strategi Mitigasi Gempa dan Tsunami
Padang Punya Sejumlah Strategi Mitigasi Gempa dan Tsunami
Salah satu nominator penerima Penghargaan Kalpataru tahun 2024 berasal dari Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar). Ia adalah Febri Sugana
Pemkab Agam Usulkan Febri Sugana Sebagai Penerima Kalpataru 2024