2022 Peran Pokdarwis di Pesisir Selatan Harus Dimaksimalkan

2022 Peran Pokdarwis di Pesisir Selatan Harus Dimaksimalkan

Kepala Disparpora Pesisir Selatan Suhendri (dua kiri) pada jambore Pokdarwis di Desa Wisata Salido Saribulan

Langgam.id - Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) harus lebih dimaksimalkan tahun 2022. Rasa aman dan nyaman bagi wisatawan harga mati di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Maksimalkan peran Pokdarwis untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan Suhendri, Kamis (6/1/2022).

Menurutnya, Pokdarwis dapat menjadi pendamping pelaku wisata dalam melakukan pembinaan. Untuk itu, tegasnya, perannya harus ditingkatkan.

Suhendri bertekad tahun 2022 ini sektor pariwisata terus menggeliat di Pesisir Selatan. Salah satu ujung tombak yang dapat diandalkan yakni peran Pokdarwis.

"Kita berharap kunjungan wisata ke daerah bisa lebih meningkat lagi setelah pandemi ini berakhir. Semua itu tentu membutuhkan peran dan kepedulian dari semua, terutama sekali dari Pokdarwis," tuturnya.

Menurut Suhendri, salah satu peran penting ke depan, melakukan pembinaan terhadap karakter, sikap dan perilaku masyarakat di kawasan-kawasan wisata. Sebab, partisipasi masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang nyaman akan berpengaruh terhadap kemajuan pariwisata.

Pesisir Selatan menjadi salah satu kunjungan wisata utama di Sumbar. Sudah seharusnya terus semua pihak berbenah, terutama sikap dan perilaku agar wisatawan merasa aman dan nyaman ketika berkunjung.

"Kepada berbagai dinas terkait untuk terus berupaya melakukan pemberdayaan kepada masyarakat sekitar objek wisata. Tingkatkan juga sarana dan prasarana fisik serta kegiatan pelestarian lingkungan," katanya. (*/Lisa Septri)


Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tag:

Baca Juga

Pencarian satu orang nelayan yang dinyatakan hilang di Perairan Karang Laweh, Kecamatan Padang Barat, Padang masih belum membuahkan hasil.
Pencarian Hari ke-2 Hilangnya 1 Nelayan di Padang Masih Nihil
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim Randang Lokan Pesisir Selatan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia.
Randang Lokan Pesisir Selatan Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia
Karyawan Bank Nagari Bagikan 1.000 Paket Takjil dan Buka Bersama Anak Yatim
Karyawan Bank Nagari Bagikan 1.000 Paket Takjil dan Buka Bersama Anak Yatim
Jelang Lebaran 1445 Hijriah/, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatra Barat memastikan pasokan listrik di Sumbar aman. Selain
PLN Jamin Keamanan Pasokan Listrik di Sumbar Selama Lebaran 2024
Bertemu Ketua LKAAM, MUI dan DMI, Gubernur Usulkan Ubah Nama Masjid Raya Sumbar
Bertemu Ketua LKAAM, MUI dan DMI, Gubernur Usulkan Ubah Nama Masjid Raya Sumbar
LPM UIN Imam Bonjol Padang gelar workshop pengisian instrumen akreditasi dengan yang tema “Transformasi Menuju Perguruan Tinggi Bereputasi”.
LPM UIN Imam Bonjol Padang Gelar Workshop Pengisian Instrumen Akreditasi