Pemko Payakumbuh Targetkan Program Sekolah Penggerak di Awal 2022

Langgam.id-pembelajaran tatap muka di sekolah

Ilustrasi sekolah. [foto: pixabay.com]

Langgam.id - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatra Barat mempersiapkan diri untuk mewujudkan pelaksanaan Program Sekolah Penggerak (PSP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada awal tahun 2022 mendatang.

PSP adalah upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju, berdaulat, mandiri, serta berkepribadian melalui terciptanya pelajar pancasila.

Program ini berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi), karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru) yang merupakan program inovasi peningkatan mutu pendidikan dari Kemdikbud RI.

Untuk mencapai program yang tinggal kurang dari 3 bulan itu, Kepala Dinas Pendidikan, Dasril bergerak cepat setelah semua persyaratan dan komitmen kepala daerah didapat. Hal tersebut terlihat dari tindakannya menemui pelaksana Program PSP, Eko Susanto selaku Kepala Bidang Tata Kelola Direktorat SMP Dirjen PAUD dan Dikmen Kemendikbud RI di Jakarta pada (Selasa, (19/10) lalu yang didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Fiqih Rahmat.

Dasril mengatakan banyak keuntungan yang akan didapat bagi sekolah ketika melaksanakan PSP, dinataranya peningkatan mutu hasil belajar dalam kurun waktu 3-4 tahun difasilitasi, percepatan digitalisasi sekolah, dan kesempatan menjadi katalis perubahan bagi satuan pendidikan.

Lanjut dia, agar nantinya program ini terealisasi dengan baik Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh akan melaksanakan sosialisasi kepada seluruh kepala sekolah mulai tingkat PAUD hingga SMP, Pengawas Sekolah dan stake holder lainnya.

“Tahap awal kami lakukan dulu sosialisasi, identifikasi kepala sekolah yang memenuhi syarat,” katanya dikutip dari laman resmi pemda, Rabu (20/10/2021).

Menurutnya, PSP ini sejalan dengan visi dan misi Kota Payakumbuh, yakni, Payakumbuh Maju, Sejahtera dan Bermartabat, dengan semangat Kebersamaan menuju Payakumbuh menang, serta implementasi dari misi 1 dan 5 yakni pengembangan SDM dan Karakter.

“Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju," katanya.

Program ini dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak. "Jumlah sekolah untuk program PSP dari Kemendikbud RI untuk Kota Payakumbuh belum ditentukan," ujarnya. (mg-Lisa)

Baca Juga

Pemko Payakumbuh menerima dua penghargaan pada awal Mei 2024 ini. Kedua penghargaaan tersebut diterima Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman saat
Awal Mei, Pemko Payakumbuh Raih Dua Penghargaan
Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman melantik 194 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemko Payakumbuh 2024
194 PPPK Terima SK Pengangkatan, Ini Harapan Pj Wali Kota Payakumbuh
Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman menyampaikan Nota Pengantar Wali Kota Payakumbuh tentang Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD
Wako Payakumbuh Sampaikan Nota Pengantar Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2023
Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pj Wako Payakumbuh Sidak ke OPD dan BUMD
Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman bersama Ketua TP PKK, Lasta Jasman menyerahkan santunan untuk 20 orang masyarakat kurang mampu, Selasa
Pj Wako Payakumbuh Serahkan Bantuan Emersia untuk Keluarga Kurang Mampu
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh menyerahkan 96 paket bantuan "DWP Peduli dan Berbagi" di Balai Kota Payakumbuh, Selasa (2/4/2024).
Jelang Lebaran, DWP Kota Payakumbuh Serahkan 96 Paket Bantuan