Dramatis, Detik-detik Petugas Evakuasi Turis saat Kebakaran Hutan di Turki

Kebakaran Turki

Kebakaran di Marmaris Turki. [foto: The Sun]

Sebuah video merekam momen evakuasi warga dan turis di sebuah resort akibat kebakaran hutan yang melanda Turki

Langgam.id - Belum lama ini beredar video memperlihatkan proses evakuasi kebakaran yang melanda hutan di Turki. Di video tersebut tampak perahu dan helikopter berusaha untuk mengevakuasi para turis yang berada di sebuah resort dekat lokasi kebakaran.

Tampak pemandangan mengerikan saat api berkorbar di lereng bukit. Kebakaran itu diduga akibat panas terik yang melanda Eropa Selatan dalam beberapa waktu terakhir. Diperkirakan suhu di wilayah tersebut telah naik di atas 40 derajat celcius.

Baca juga: Bawa Balita 4 Tahun Berburu, Ibu Ini Tuai Banyak Kecaman

Melansir dari The Sun pada Minggu (1/8/2021), kebakaran hutan di Turki telah mencapai hampir 235.000 hektar. Tak hanya Turki, Yunani dan Italia juga mengalami kebakaran akibat suhu panas.

Akibat insiden itu, lebih dari 330 orang mendapat perawatan medis. Sementara enam orang diantaranya dinyataan meninggal dunia.

Penduduk sekitar termasuk para turis di sebuah resort langsung diterbangkan ke tempat yang aman. Pemerintah turki telah mengerahkan dua kapal pendarat angkatan laut untuk mengevakuasi orang-orang dari Turunc, resort di Marmaris Turki.Lampiran Gambar

Dalam video yang beredar tampak helikopter muncul untuk mengumpulkan pengungsi saat asap mengepul di atas perbukitan dekat Marmaris. Terlihat pula beberapa orang berusaha melarikan diri dari kejaran api.

Tiga hotel bintang lima di kota Bodrum dievakuasi oleh Penjaga Pantai Turki. Evakuasi itu dilakukan bersama dengan bantuan dari kapal pribadi dan kapal pesiar milik hotel.

Tak hanya itu, kurang lebih puluhan desa juga harus dievakuasi saat kebakaran memasuki hari kelima. Meski diduga kebakaran terjadi akibat suhu panas, namun hingga saat ini tim penyidik masih menyelidiki apakah kebakaran dimulai dengan sengaja.

Video tersebut juga merekam petugas pemadam kebakaran yang berusaha mati-matian memadamkan api. Namun karena api telah berkobar sangat besar petugas hanya dapat menjaga agar ‘si jago merah’ itu tidak melahap daerah lainnya.

Pemerintah Turki memperkirakan hingga minggu depan akan ada 107 dari 112 kebakaran dapat terkendali. Meski begitu, pemerintah menghimbau masyarakat di sekitar wilayah kebakaran untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Baca juga: Nekat Foto dengan Anak Beruang, Wanita Ini Diserang Induknya

Kebakaran di Marmaris sendiri termasuk yang cukup parah. Pasalnya, meski telah berhasil dipadamkan, api kembali menyala disertai dengan asap pekat.

Tag:

Baca Juga

Foto tidak senonoh diduga Wali Nagari Guguak VII Koto Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat (Sumbar) YR, beredar di media sosial dan viral.
Foto Tak Senonoh Beredar dan Viral, Wali Nagari Guguak VIII Koto Didesak Mundur
Lagu Minang berjudul Mimpi Parintang Rusuah yang dinyanyikan oleh Al Arifin tersebut, akhir-akhir ini viral di media sosial, terutama
Viral Usai Erupsi Gunung Marapi, Lagu Mimpi Parintang Rusuah Rupanya Dirilis Sejak 2019 Lalu
Kadisdik Limapuluh Kota, Afri Efendi, mangkir dua hari berturut-turut saat dipanggil DPRD. Pemanggilan itu terkait dengan video viral
Kadisdik Limapuluh Kota 2 Kali Mangkir Dipanggil DPRD Soal Murid SD Berkata Kasar ke Guru Viral
Aksi heroik seorang pria berbaju hitam yang melakukan penyelamatan terhadap bus ANS yang mengalami rem blong di kawasan Sitinjau Lauik.
Pria Penyelamat Bus di Sitinjau Lauik Dapat Tawaran Pekerjaan dari Pengusaha Tajir, Digaji Rp10 Juta
Baru-baru ini di media sosial viral aksi heroik seorang pria yang melakukan penyelamatan terhadap bus ANS yang rem blong di Sitinjau Lauik
Viral Aksi Heroik Pria Lakukan Penyelamatan Bus ANS yang Alami Rem Blong di Sitinjau Lauik
Langgam.id - Telah terjadi pemaksaan kepada dua mahasiswi asrama Unand dengan melakukan secara paksa tindakan pengguntingan celana mahasiswi.
Pemaksaan di Lingkungan Kampus? Kemunduran Berpikir!