Pemko Payakumbuh Terbitkan SK untuk 1.300 Sapi Jelang Idul Adha

Pemko Payakumbuh Terbitkan SK untuk 1.300 Sapi Jelang Idul Adha

Ilustrasi - Sapi. (Foto: pixabay.com)

Langgam.id - Dinas Pertanian dan Peternakan dan UPTD Kesehatan Hewan (Keswan) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh menerbitkan lebih 1.300 lebih Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) untuk sapi-sapi yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha 1440 H.

“Sampai sejauh ini sudah ada 1.300 SKKH yang kita keluarkan. Juga terdapat 17 sapi yang kita rekomendasikan diganti karena sakit dan usia yang masih belia,” kata Kepala UPTD Keswan Kota Payakumbuh, drh Trisna Yesy, sebagaimana dilansir Humas di situs resmi Pemko, Jumat (9/8/2019).

Ia memperkirakan, jumlah sapi kurban di Payakumbuh tidak akan jauh berbeda dengan tahun lalu, yaitu sekitar 1.900 sampai 2.000 ekor.

“Meski belum semua sapi kurban memang yang kita keluarkan SKKH. Karena itu, tim kami akan tetap melakukan pemeriksaan sampai dengan hari pemotongan,” lanjutnya.

Ia menambahkan, dari hasil pemeriksaan kesehatan hewan yang sudah dilakukan pihaknya, masih cukup banyak ditemukan sapi betina yang akan dijadikan warga sebagai hewan kurban.

“Dari tahun lalu sebenarnya ada penurunan untuk pemotongan sapi betina sebagai hewan kurban. Tapi memang persentase sapi betina yang disembelih masih cukup besar, yaitu sekitar 60 persen dan sisanya 40 persen merupakan sapi jantan,” jelasnya.

Untuk meminimalisir pemotongan sapi betina pada tahun berikutnya Yessy menyebut bahwa pihaknya akan selalu menggencarkan sosialisasi di lokasi-lokasi yang persentase pemotongan sapi betinanya masih cukup tinggi.

“Titik-titik khusus itu memang sudah kita petakan,” katanya. (*/SS)

Baca Juga

Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Kepala Dinas Pertanian Pesisisr Selatan, Madrianto mengatakan, bahwa pihaknya saat ini menurunkan sebanyak 21 petugas kesehatan hewan
Jadi Daerah Pemasok, 21 Petugas Keswan Pessel Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban
Dinas Pertanian Kota Padang menurunkan tim kesehatan hewan (Keswan) untuk mengecek kesehatan hewan kurban di daerah tersebut.
1.550 Hewan Kurban di Padang Layak Disembelih
Kepala Dinas (Distan) Kota Padang, Yoice Yuliani mengatakan, pada Idul Adha 1445 H/2024 M, jumlah hewan kurban yang akan disembelih di Padang
Jumlah Hewan Kurban yang Disembelih di Padang Diprediksi 7 Ribu Ekor
Dinas Pertanian Kota Padang menurunkan tim kesehatan hewan (Keswan) untuk mengecek kesehatan hewan kurban di daerah tersebut.
2 Ribu Hewan Kurban Sudah Diperiksa, Distan Padang: yang Layak Dikurbankan 1.550 Ekor
Jumlah Hewan Kurban di Agam Diprediksi Turun
Jumlah Hewan Kurban di Agam Diprediksi Turun