Generasi V GR Supra, TAM Janjikan Performa dan Sensasi Berkendara

Generasi V GR Supra, TAM Janjikan Performa dan Sensasi Berkendara

Toyota GR Supra diperkenalkan pada GIIAS 2019. (Foto: TAM)

Langgam.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan sportscar Toyota GR Supra di ajang GIIAS 2019. Sportscar terbaru Toyota ini langsung menjadi pusat perhatian pengunjung GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang.

Mobil sport ini dikembangkan untuk memberikan excitement dalam pengalaman berkendara serta menghadirkan kembali ciri motorsport pada brand Toyota. Tak hanya mumpuni di lintasan pacu, mobil dengan tampilan coupe ini menjanjikan performa kelincahan dan kenyamanan saat berada di jalan raya.

Toyota mengklaim GR Supra dirancang untuk melahirkan sensasi yang mampu membangun emosi kegembiraan bagi penggunanya.

“Kehadiran GR Supra ini merupakan wujud apresiasi kami kepada pelanggan sekaligus menunjukkan semangat Toyota yang senantiasa berupaya menghadirkan produk, teknologi dan layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin modern,” kata Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, GR Supra adalah bentuk komitmen perusahaan untuk senantiasa melakukan improvement dalam menghadirkan produk-produk terbaik melebihi ekspektasi, sejalan dengan semangat Toyota dalam mewujudkan Ever Betters Cars bagi para pelanggannya.

GR Supra adalah generasi ke-V dari legenda sportscar Toyota Supra yang generasi pertamanya diluncurkan pada 1978. Diikuti Generasi II pada 1981, Generasi III pada 1986, Generasi IV pada 1993 dan pada 2002 produksi Generasi IV dihentikan.

Artinya, model Supra ini sempat vakum selama 17 tahun. Kesempatan untuk menghidupkan kembali “Supra” disambut baik, tidak hanya oleh para konsumen, namun juga Akio Toyoda sendiri, sebagai Presiden Toyota Motor Corporation.

Dalam pengembangannya, GR Supra melewati serangkaian uji coba di lintasan sirkuit dan berbagai jalan raya. Targetnya, menemukan komposisi dan kunci terbaik sportscar sejati namun tetap memberikan kenyamanan berkendara saat digunakan sehari-hari.

Pengembangan GR Supra lebih menekankan upaya mencapai kinerja sensivitas yang tinggi dimana setiap dinamika atau gerak mobil bisa menimbulkan emosi kegembiraan. Menghasilkan driveability yang kuat menjadi salah satu poin utama waku-doki (mengasyikan) dalam pengembangan GR Supra agar bisa tercapai.

Sebelum resmi diperkenalkan pertama kali di Detroit Motor Show, Amerika Serikat, Januari 2019 lalu, kinerja GR Supra telah melalui serangkaian uji coba yang panjang. Melalui tim GAZOO Razing, Toyota sudah mengikutsertakan prototipe GR Supra pada lomba ketahanan mobil di lintasan sirkuit Nurburgring, Jerman.

GAZOO Racing adalah bagian dari Toyota Motor Corporation (TMC) yang memiliki tugas menciptakan mobil yang lebih emosional dan menyenangkan.

Sementara itu melalui uji coba di lintasan jalan raya di berbagai negara, para engineer akan mengetahui karakter yang harus dipunyai GR Supra sebagai sportscar yang akan diproduksi masal dan dipasarkan secara global.

Semua itu bertujuan untuk menemukan titik keseimbangan optimal bagi tiga elemen kunci stabilitas kendaraan yaitu jarak sumbu roda (wheelabase), tapak (tread) dan pusat gravitasi (center of gravity).

Dari rangkaian uji coba bertahun-tahun itu, engineer memutuskan untuk memperkecil rasio wheellbase menjadi 2.470 mm. Pusat gravitasinya yang rendah juga memberikan kestabilan saat berkendara, terutama saat menikung.

Distribusi berat kendaraan dibuat seimbang atau 50:50 antara bagian depan dengan belakang dan ini dianggap menjadi elemen penting untuk menjaga performa GR Supra agar tidak limbung saat melintasi tikungan.

Guna lebih memperkuat driveability, gardan GR Supra dilengkapi teknologi Limited Slip Diffrential (LSD) yang dikontrol secara elekronik. Fitur ini mampu membuat mobil meluncur mulus saat di tikungan, dan segera bisa dipacu begitu berada pada track yang lurus.

Untuk tenaga penggerak, Toyota tetap mempertahan konfigurasi legendaris Supra dengan mesin 3.000 cc Turbo 6- silinder segaris. GR Supra dilengkapi transmisi 8-speed Sport Automatic.

Mesin 3.000 cc itu mampu menghasilkan tenaga maksimal 340 PS yang dicapai pada putaran mesin 5.000-6.500 rpm, dan torsi maksimal sekitar 500 Nm pada putaran 1.600-4.500 rpm. (rls)

 

Baca Juga

Toyota Luncurkan All-New Hilux Rangga, Kendaraan Niaga Modern untuk Usaha dan Komersial di Sumatra
Toyota Luncurkan All-New Hilux Rangga, Kendaraan Niaga Modern untuk Usaha dan Komersial di Sumatra
Paruh Pertama 2023: Honda Catat Penjualan Tumbuh 26 Persen
Paruh Pertama 2023: Honda Catat Penjualan Tumbuh 26 Persen
Honda WR-V Pimpin Penjualan Segmen Small SUV Selama Januari 2023
Honda WR-V Pimpin Penjualan Segmen Small SUV Selama Januari 2023
Komunitas Parami Indonesia Ingin Jadi Duta Keselamatan Berlalu Lintas
Komunitas Parami Indonesia Ingin Jadi Duta Keselamatan Berlalu Lintas
Tips Perawatan Mobil Usai Mudik dari MG Motor Indonesia
Tips Perawatan Mobil Usai Mudik dari MG Motor Indonesia
Nunggu 3 Tahun, Inden Land Cruiser di Sumbar Sudah 10 Unit
Nunggu 3 Tahun, Inden Land Cruiser di Sumbar Sudah 10 Unit