Gempa Magnitudo 4,1 di Bukittinggi, BMKG: Akibat Sesar Sumatra Segmen Sianok

Langgam.id - Gempa bumi dengan magnitudo 4,1 terjadi di Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar). Gempa itu berada di kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Sumatra segmen Sianok,” kata Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Irwan Slamet, Senin (21/6/2021).

Berdasarkan informasi yang disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 07.47 WIB. Pusat gempa berada di koordinat 0.38 Lintang Selatan, 100.31 Bujur Timur atau 10 kilometer barat daya Bukittinggi.

“Guncangan gempabumi ini dirasakan di Bukittinggi III-IV MMI, Agam, Padang Panjang, Tanah Datar III MMI, dan Padang Pariaman dan Payakumbuh II MMI," ujar Irwan.

Hingga pukul 09.56 WIB, BMKG belum mencatat adanya aktivitas gempa susulan. Masyarakat diminta tak terpengaruh pada isu liar terkait gempa ini.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ungkap Irwan.(*/Ela)

Tag:

Baca Juga

Gempa M 4,6 Mengguncang Pesisir Selatan
Gempa M 4,6 Mengguncang Pesisir Selatan
Sebanyak 85 kali gempa bumi terjadi di wilayah Sumatra Barat dan sekitarnya selama April 2024. Frekuensi gempa bumi terbesar terjadi pada 3
85 Kali Gempa Terjadi di Sumbar Selama April 2024
Padang Punya Sejumlah Strategi Mitigasi Gempa dan Tsunami
Padang Punya Sejumlah Strategi Mitigasi Gempa dan Tsunami
Simulasi Gempa dan Tsunami di Padang Diikuti 800 Siswa Lebih
Simulasi Gempa dan Tsunami di Padang Diikuti 800 Siswa Lebih
Selama periode 19-25 April 2024, terdapat 12 kali gempa terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya. Di periode ini, terdapat
12 Kali Gempa Terjadi di Sumbar Periode 19-25 April 2024, Satu Dirasakan Warga
Gempa dengan magnitudo 4,6 mengguncang Air Haji, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) pada Senin (22/4/2024) sekitar pukul
Gempa M4,6 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Lokal