Pasca Lebaran, Harga Ikan dan Telur Ayam di Padang Panjang Naik

harga padang panjang

Pedagang ikan di pasar Padang Panjang (dok.Pemko Padang Panjang)

Langgam.id - Pasca libur lebaran 2021, harga kebutuhan bahan pokok (sembako) di Kota Padang Panjang merangkak naik. Adapun harga yang naik, seperti ikan sisik, ikan tongkol dan telur ayam kampung.

Kenaikan harga tersebut diperkirakan karena kurangnya pasokan namun permintaan terus bertambah.

"Tadi hasil dari tim ke lapangan, ada terjadi kenaikan terhadap komoditi ikan sisik, ikan tongkol dan telur ayam kampung. Kenaikan disebabkan pasokan yang berkurang sementara permintaan bertambah. Namun ini masih dalam batas kewajaran," kata Kepala Disperdakop UKM, Arpan, Senin (17/5/2021).

Di samping itu, juga terjadi penurunan harga terhadap komoditi cabai merah, cabai hijau, kacang tanah dan ikan asin teri. Ini disebabkan pasokan bertambah dan permintaan berkurang.

"Untuk harga cabai merah pada minggu lalu itu sekitar Rp40.000 per kilo, dan sekarang menjadi Rp37.000 per kilo. Sedangkan untuk cabai hijau dari Rp32.500 ribu per kilo menjafd Rp 29.000 per kilo. Begitu juga dengan ikan asin teri, dari harga Rp100.000 per kilo menjadi Rp95.000 per kilo," terangnya.

Sementara untuk harga kebutuhan pokok lain, Arpan menyebut hingga saat ini masih terpantau stabil.

"Harga lainnya relatif stabil, ini kita ketahui setelah melakukan pemantauan di sejumlah pasar," ujarnya.(*/Ela)

Baca Juga

Sejumlah daerah di Sumatra Barat (Sumbar) diterjang banjir bandang pada Satu (11/5/2024) lalu. Salah satunya melanda Kota Padang Panjang.
Kerugian Material Capai Rp5 M, Ini Dampak Bencana Banjir Bandang di Padang Panjang
Banjir di Kota Padang Panjang: 1 Orang Ditemukan Selamat, 2 Masih Hilang
Banjir di Kota Padang Panjang: 1 Orang Ditemukan Selamat, 2 Masih Hilang
Empat pelajar Padang Panjang bakal mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).
Empat Pelajar Padang Panjang Bakal Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Sumbar
Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Harga bawang merah di Padang Panjang turun pada minggu pertama Mei ini. Harga bawang turun dari dari Rp52.167 per kg menjadi Rp51.000/kg.
Pasokan Bertambah, Harga Bawang Merah di Padang Panjang Turun
Bagi masyarakat Padang Panjang yang memiliki hewan peliharaan dengan penular rabies seperti kucing, anjing dan kera, bisa mengikuti vaksinasi massal rabies yang dimulai Senin
Vaksinasi Massal Rabies Gratis Digelar di Padang Panjang Mulai 6 Mei