7 Bulan, Polda Sumbar Menangkan 29 Gugatan Praperadilan Status Tersangka

Kasus Buka Paksa Peti | Indra Catri Tersangka | bupati agam tersangka | Dugaan Pencemaran Nama Baik Mulyadi, penyalahgunaan dana MTQ Nasional

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto. (Foto: Irwanda/Langgam.id)

Langgam.id - Sepanjang Januari hingga Juli 2020, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) mencatat sebanyak 29 gugatan praperadilan yang diajukan para penggugat lantaran tidak menerima terkait status sebagai tersangka.

Dari total gugatan praperadilan itu, Polda Sumbar berhasil memenangkan semuanya. Hal ini dibenarkan Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto.

"Para penggugat rata-rata memang karena merasa penetapan statusnya sebagai tersangka itu tidak cukup bukti. Tapi seluruh gugatan selalu kami menangkan," kata Satake Bayu, Senin (10/8/2020).

Satake Bayu mengungkapkan, gugatan praperadilan yang paling banyak terjadi di Kabupaten Agam dengan total 11 gugatan. Selanjutnya, disusul Kabupaten Pasaman Barat sebanyak 9 gugatan. Selebihnya, berada di beberapa kabupaten dan kota lainnya.

Praperadilan itu bagian dari proses penyidikan, dan itu adalah hak tersangka. Pada praperadilan, Polda Sumbar serta Polres jajaran selalu siap dalam menghadapi hal tersebut.

"Rata-rata mereka mengajukan praperadilan karena faktor sebagai tersangka. Kemudian hal-hal yang lain berkaitan dengan penyidikan," ujarnya.

Menangnya dalam sidang praperadilan, kata Satake Bayu, membuktikan bahwa pihaknya melaksanakan tugasnya dengan baik serta sesuai ketentuan yang berlaku. "Itu bagian dari profesionalisme pelaksanaan tugas kami, membuktikan melaksanakan SOP yang ada," tuturnya. (Irwanda/ICA)

Baca Juga

Polda Sumbar melaksanakan apel pengamanan dalam rangka pemungutan suara ulang (PSU) untuk DPD RI pada Sabtu pagi (13/7/2424) di halaman
Pastikan Kelancaran PSU DPD, Polda Sumbar Gelar Apel Pengamanan
Ditresnarkoba Polda Sumbar berhasil mengungkap kasus narkotika jenis ganja yang akan diedarkan di Sumatra Barat jaringan Penyabungan.
Polda Sumbar Gagalkan Peredaran 48 Kg Ganja Jaringan Penyabungan, 4 Pelaku Ditangkap
Koalisi Advokat Anti Penyiksaan melaporkan kasus dugaan penyiksaan yang dilakukan oleh anggota kepolisian terkait kematian bocah 13 tahun,
Kematian AM Diduga Disiksa Oknum Polisi, Koalisi Advokat Lapor ke Propam Polda Sumbar
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Polda Sumbar mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi pencurian ternak jelang Hari Raya Idul Adha.
Polisi Ingatkan Warga Waspadai Pencurian Ternak Jelang Idul Adha
Perkembangan Bencana di Sumbar per Selasa Malam, Kabiddokkes Polda Sumbar: 56 Orang Meninggal
Perkembangan Bencana di Sumbar per Selasa Malam, Kabiddokkes Polda Sumbar: 56 Orang Meninggal