65 Anggota DPRD Sumbar Resmi Dilantik, Ketua Sementara dari Partai Gerindra

65 Anggota DPRD Sumbar Resmi Dilantik, Ketua Sementara dari Partai Gerindra

Pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD Sumbar. (Foto: Ist. Dok. Atfiandri)

Langgam.id - Sebanyak 65 anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat resmi dilantik. Pengucapan sumpah dan janji dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Sumatra Barat (Sumbar) di ruang paripurna DPRD Sumbar, Jalan Khatib Sulaiman, Padang.

Rapat paripurna tersebut terlebih dahulu dibuka oleh Ketua DPRD Provinsi periode 2014-2019 Hendra Irwan Rahim. Sekretaris DPRD Raflis kemudian membacakan keputusan pemberhentian dan pengangkatan anggOta DPRD Sumbar.

Sebanyak 65 anggota DPRD kemudian mengambil tempat untuk pengucapan sumpah dipandu Ketua Pengadilan Tinggi (PT). Setelah itu, perwakilan anggota Dewan dan Ketua PT menandatangani berita acara. Perwakilan anggota Dewan juga dipasangkan pin 'tuah sakato' oleh Ketua PT.

Kemudian, pimpinan DPRD periode sebelumnya Hendra Irwan Rahim, Arkadius Dt Intan Bano, Darmawi dan Guspardi Gaus menyerahkan palu dan laporan kinerja kepada dua pimpinan sementara DPRD Sumbar. Ketua sementara dijabat Desrio Putra dari Partai Gerindra dan wakil ketua sementara Irsyad Syafar dari PKS.

Setelah sambutan ketua sementara dan gubernur Sumbar serta pembacaan doa, Ketua Sementara DPRD Sumbar Desrio Putra menutup rapat paripurna.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menetapkan 65 anggota DPRD tersebut sebagai calon terpilih dalam rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih anggota DPRD provinsi pada Rabu, (14/8/2019). (Baca: Rencana Dilantik 28 Agustus, Berikut 65 Anggota DPRD Sumbar Periode 2019-2024)

Polda Sumbar dalam situs resminya menyebutkan, mengerahkan sebanyak 398 personel untuk pengamanan secara terbuka dan tertutup rapat paripurna tersebut.

Untuk pengamanan terbuka berada di luar area kantor DPRD Sumbar, sedangkan pengamanan tertutup berada di dalam dan depan pintu masuk ruang sidang. (*/SS)

Baca Juga

Ketua DPRD Sumbar, Supardi mendorong perubahan mindset kepala SMK Sumbar untuk berinovasi dan berkreatifitas. Hal ini guna mewujudkan lulusan SMK menjadi sumber daya manusia
Ciptakan SDM Lulusan Produktif, Ketua DPRD Sumbar Dorong Kepala SMK Berinovasi
PKS sementara unggul dalam pemilihan legislatif (pileg) DPRD Sumbar. PKS unggul dari Gerindra. Sedangkan peringkat ketiga ada Partai Golkar.
Berikut Partai Politik Peraih Suara Tertinggi di 8 Dapil DPRD Sumbar
PKS masih unggul dalam perolehan suara sementara untuk pemilihan legislatif DPRD Sumbar 2024. PKS unggul dari Partai Gerindra di posisi kedua
Berikut Caleg dengan Perolehan Suara Tertinggi Sementara di 8 Dapil DPRD Sumbar
Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan, jelang hingga hari pemungutan suara, suasana Pemilu di Sumbar berjalan baik. Meski terjadi perbedaan dalam dukungan kepada calon presiden
Supardi Harap Masa Penghitungan Suara hingga Pengumuman Resmi KPU, Sumbar Tetap Tentram
Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memimpin sementara perolehan suara terbanyak untuk pemilihan legislatif (pileg) DPRD Provinsi Sumbar
Real Count Sementara Pileg DPRD Sumbar: Gerindra Unggul, Disusul PKS-Golkar-PAN
Hasil Sementara Pileg DPRD Sumbar 2024: Teratas PKS, Disusul Golkar dan PAN
Hasil Sementara Pileg DPRD Sumbar 2024: Teratas PKS, Disusul Golkar dan PAN