64 Media Ikuti Pelatihan Manajemen, Bisnis dan Keberlanjutan Media Digital

AMSI menggelar pelatihan daring penguatan manajemen, bisnis, dan keberlanjutan media digital (Online Training on Media Management,

AMSI menggelar pelatihan daring manajemen, pengembangan bisnis dan keberlanjutan media digital. [foto: AMSI]

Langgam.id - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dengan dukungan Internews dan USAID MEDIA menggelar pelatihan daring penguatan manajemen, bisnis, dan keberlanjutan media digital (Online Training on Media Management, Business Development and Sustainability).

Pelatihan ini merupakan program ketiga dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan media, khususnya media lokal dalam mengembangkan media digital.

Hal ini dilakukan agar tumbuh menjadi media independen, tata kelola yang baik serta dapat memenuhi kebutuhan informasi publik yang berkualitas.

Direktur Eksekutif AMSI, Adi Prasetya mengungkapkan, pelatihan manajemen media adalah bagian terpenting dari program pengembangan dan penyehatan ekosistem media yang digarap AMSI.

Bedanya dengan dua pelatihan tahun-tahun sebelumnya, pelatihan batch ketiga ini semua media yang mendaftar diterima tanpa dibatasi jumlah peserta.

“Kita harapkan kegiatan ini dapat betul-betul memberikan pengembangan kemampuan teknis, konten/editorial, kemampuan pengelolaan manajemen dan bisnis, distribusi konten dan klaster IT. Ini semua bagian dari ikhtiar AMSI mewujudkan misi agar media anggotanya sehat secara bisnis dan berkualitas kontennya,” ujar Adi Prasetya saat membuka pelatihan secara daring, Senin (8/5/2023).

Program Manager Internews Indonesia, Firmansyah Syamsi juga turut hadir untuk menyambut kegiatan pelatihan daring penguatan manajemen, bisnis, dan keberlanjutan media digital. Ia mengatakan, Internews dan USAID MEDIA mendukung penuh kegiatan ini.

“Internews dan USAID MEDIA sangat mendukung upaya AMSI ini. Rangkaian pelatihan ini kita harapkan bisa meningkatkan pemahaman pentingnya standarisasi produksi konten dan model bisnis untuk media, terutama kawan kawan media di level provinsi maupun kabupaten dan kota. Supaya media teman-teman bisa menerapkan pola manajemen untuk keberlangsungan media dan saling berbagi pengalaman pengelolaan antarmedia,” beber Firmansyah.

Rangkaian kegiatan pelatihan daring penguatan manajemen, bisnis, dan keberlanjutan media digital ini berlangsung selama delapan hari sejak 8 hingga 17 Mei 2023 dan diikuti oleh 64 media anggota AMSI dari 25 wilayah.

Topik yang disampaikan meliputi Business Environment, Brand Development, Business Management, Content Development, Distribution Development, Audience Development, Revenue Development dan Technology Development.

Pelatihan hari pertama diisi dengan materi Business Environment Development oleh Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut, yang juga Chief Content Officer Kapanlagi Group.

Wens mengajak agar pengelola media selalu adaptif dengan perubahan ekosistem bisnis media yang sangat didisrupsi oleh revolusi teknologi digital.

“Di landscape yang baru, jurnalisme tetap is the king, tapi harus lebih mendengar banyak pihak. Harus berbagi ruang dengan banyak pihak, karena begitu banyak pihak yang menentukan sampai ke tangan publik. Bahkan setelah sampai ke tangan pembaca pun, kita masih juga harus berbagi. Inilah ekosistem bisnis media siber yang kita alami saat ini. Kita yang bikin kontennya, tapi akan selalu ada perubahan di luar sana yang akan menggiring news room kita juga harus berubah,” kata Wens.

Selain Wenseslaus Manggut, AMSI juga menyiapkan para trainer sesuai keahlian masing-masing. Mereka adalah Amrie Hakim (Chief of Media & Engagement Officer Hukumonline), Dwi Eko Lokononto (Pemimpin Umum Beritajatim.com).

Kemudian, Wahyu Dhyatmika (CEO Tempo Digital), Suwarjono (Pemimpin Redaksi Suara.com), Citra Dyah Prastuti (Pemimpin Redaksi KBR.id), Maryadi (Direktur Katadata Media Network), dan Heru Tjatur (Chief of Technology Officer Buddyku-MNC).

Setelah pelatihan daring usai, AMSI akan memilih 10 tim media untuk mendapatkan pendampingan (mentorship) penguatan media dan beasiswa senilai masing-masing Rp15 juta.

Pendampingan ini akan dibantu oleh praktisi media online yang telah berhasil mengembangkan medianya, dengan periode pelaksanaan selama tiga bulan sebagai pendalaman materi dan praktik pengembangan media sesuai kebutuhan media lokal.

Bersamaan dengan mentoring 10 media di kelas intermediate nanti, AMSI juga akan memberikan pendampingan kepada 5 media yang lolos program pelatihan kelas advance pada 2022 lalu.

Pendampingan tingkat lanjut ini akan melibatkan Tim Newsgain, salah satu organisasi nirlaba yang selama ini mempunyai pengalaman memberikan pendampingan dari aspek bisnis dan manajemen pada media online di berbagai negara. (*/yki)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

usai-gempa-mentawai-gubernur-minta-cek-semua-alat-peringatan-dini
AMSI Sumbar: Tudingan Hoaks pada Media oleh Gubernur Abaikan UU Pers
Dorong Konten dan Bisnis Media yang Sehat, AMSI Kini Punya Agensi Iklan
Dorong Konten dan Bisnis Media yang Sehat, AMSI Kini Punya Agensi Iklan
amsi-dan-huawei-tingkatkan-kecakapan-digital-media-siber-di-indonesia
AMSI dan Huawei: Tingkatkan Kecakapan Digital Media Siber di Indonesia
Latih Jurnalis dengan Perludem dan AMSI, AJI Padang: Tantangan Pemilu 2024 Lebih Besar
Latih Jurnalis dengan Perludem dan AMSI, AJI Padang: Tantangan Pemilu 2024 Lebih Besar
Perangi Informasi Palsu, Indonesia Fact-checking Summit 2021 Digelar
Perangi Informasi Palsu, Indonesia Fact-checking Summit 2021 Digelar
AJI, AMSI dan IJTI Ajukan Jadi Pihak Terkait dalam Pengujian UU Pers di MK
AJI, AMSI dan IJTI Ajukan Jadi Pihak Terkait dalam Pengujian UU Pers di MK